0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Shopee Live merupakan fitur interaktif yang dapat menghubungkan penggunanya lebih dekat, melalui pengalaman berbelanja dengan interaksi penuh dan konten visual. Kehadiran fitur ini berhasil memberikan pengalaman penuh atraksi yang menyenangkan.

Sehubungan dengan itu, pada paruh pertama tahun ini, Shopee Live mengambil tempat di hati konsumen sebagai saluran belanja pilihan mereka. Keberhasilan fenomenal ini juga turut berperan dalam mengembangkan UMKM dan brand lokal untuk meningkatkan jangkauannya dengan memperbanyak peluang produk lokal. 

Menyambut paruh pertama tahun ini, Shopee mencatatkan peningkatan penjualan produk UMKM dan merek lokal melalui Shopee Live sebesar 13x lipat dibandingkan tahun lalu.

Monica Vona, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan sejak beroperasi di Indonesia, Shopee telah banyak mendedikasikan inovasi berkelanjutan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian negara melalui pilar UMKM dan brand lokal. Melihat capaian positif pada semester pertama tahun ini, Shopee bangga melihat pertumbuhan kinerja para pelaku UMKM dan brand lokal yang semakin mampu mengembangkan hadirnya fitur-fitur interaktif sebagai alternatif saluran penjualan utama. 

“Saat ini kita melihat semakin banyak pelaku UMKM dan brand lokal yang berhasil meraih potensi bisnis maksimal, didasari oleh semakin besarnya antusiasme konsumen dan permintaan terhadap produk lokal. Tentunya kesuksesan fenomenal ini tidak lepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee untuk menciptakan dampak positif yang luas,” ujar Monica. 

Fitur-fitur interaktif di Shopee Live turut berperan besar dalam pertumbuhan UMKM dan brand lokal, karena 95% UMKM dan brand lokal yang bergabung dengan Shopee Live sejak tahun lalu mengalami peningkatan transaksi yang signifikan di awal tahun ini. Hal ini terlihat dari berbagai kisah sukses brand lokal, seperti Les Catino, brand tas fashion lokal, dan Azarine Cosmetic, brand kecantikan lokal, yang berhasil meningkatkan performanya melalui fitur Shopee Live.

Bagi Jason Marcel Chandrawan, direktur Les Catino, merek tas lokal yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1992, ia juga melihat peningkatan kinerja bisnis melalui penggunaan fungsi Shopee Live. Pada paruh pertama tahun 2024 terjadi peningkatan transaksi lebih dari 60 kali lipat, yang mendorong dunia usaha untuk melakukan ekspansi guna membuka peluang dan lapangan kerja bagi penduduk lokal. 

“Kehadiran fitur Shopee Live telah mengubah cara kami berbisnis. Sebagai brand lokal yang selalu ingin menawarkan tren terkini kepada konsumen, Shopee Live telah menjadi platform yang memungkinkan kami memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. bertemu, dan masih berhasil membangun loyalitas yang kuat.

Begitu pula dengan Sela Vanessa, CEO merek kosmetik Azarian, fitur Shopee Live memberikan dampak positif yang signifikan terhadap bisnisnya. Sela mengatakan live streaming telah memberikan dimensi baru pada strategi bisnisnya. 

“Sejak kami bergabung dan menggunakan Shopify Live sebagai saluran penjualan, kami telah merasakan begitu banyak hal positif sehingga selama perjalanan kami di tahun 2024, kami berhasil mencatat peningkatan transaksi aktual sebesar 32x. Hal ini memungkinkan kami untuk “berinteraksi langsung dengan pelanggan secara lebih pribadi dan pengalaman berbelanja yang menarik bagi khalayak luas yang menjadi target pembelian saat membuka shopee, inilah alasan utama kami memilih mengembangkan dengan shopee live, ujarnya. 

Monika juga yakin, melalui kerja keras dan kolaborasi strategisnya, Shopee dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan UMKM dan penggunanya. 

“Kami berkomitmen untuk memajukan industri UMKM dan brand lokal tanah air, sekaligus bersinergi mewujudkan misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui ekosistem digital yang komprehensif,” kata Monica.

 

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D