0 0
Read Time:2 Minute, 2 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Toyota Motor Corp menjual 5,16 juta kendaraan secara global pada paruh pertama tahun 2024. Pencapaian tersebut berarti merek asal Jepang tersebut telah mengalahkan Volkswagen untuk tetap menjadi nomor satu di pasar mobil selama lima tahun berturut-turut.

Penjualan di Grup Toyota, yang mencakup Daihatsu dan Hino, sebenarnya turun 4,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut Kyodo News.

Penangguhan ini terjadi di tengah banyaknya skandal dan buruknya penjualan di Tiongkok.

Sementara Volkswagen menjual 4,35 juta kendaraan pada periode Januari-Juni 2024, turun dari 4,37 juta pada periode yang sama tahun 2023.

Sementara itu, produksi global Toyota Motor, yang mencakup Daihatsu dan Hino, turun 9,8% menjadi 5,07 juta kendaraan.

Penjualan domestik Grup Toyota juga turun 32 persen menjadi 823.595 kendaraan karena Daihatsu menghentikan sementara produksinya setelah menemukan data uji keselamatan yang dipalsukan.

Toyota juga menghentikan produksi beberapa mobil produksi dalam negeri selama setengah tahun, dengan mengakui cara pengujian kendaraannya tidak sesuai dengan peraturan pemerintah.

Sementara itu, penjualan di luar Jepang naik 3,1% mencapai rekor 4,34 juta unit, didorong oleh kuatnya permintaan di Amerika Utara dan Eropa.

Produsen mobil tersebut melaporkan peningkatan penjualan sebesar 14,6% untuk merek Toyota dan Lexus di Amerika Utara.

Selain itu, penjualan Toyota di Eropa tumbuh 10,2%, didorong oleh kuatnya penjualan model hybrid Corolla dan RAV4.

Namun penjualan Toyota di China turun 10,8%.

Penjualan kendaraan listrik Toyota di Indonesia terus tumbuh signifikan. Faktanya, pada kuartal pertama tahun 2024 saja, peningkatan ini melebihi periode yang sama tahun 2023 sebesar lebih dari 50%.

Khusus Januari hingga Juni 2024, PT Toyota Astra Motor (TAM) terjual sebanyak 19.158 unit. Angka tersebut menyumbang 45,8% dari total penjualan kendaraan listrik di Indonesia.

Resha Kusuma Atmaja, Kepala Departemen Perencanaan Pemasaran PT TAM, dalam perbincangannya dengan Indonesia menegaskan, pangsa pasar Toyota juga akan tumbuh sebesar 1,5% hingga 32,9% pada kuartal pertama tahun 2024, dan situasi ini akan terjadi ketika pasar mobil sedang lesu. . Center for Action Studies (ICMS) di ICE BSD Tangerang, Selasa (24/7/2024).

Saat ini Toyota dan Lexus memiliki 21 model listrik, antara lain hybrid (HEV), PHEV, BEV, hidrogen atau FCEV. Tak hanya terkait produk, raksasa otomotif asal Jepang itu juga meluncurkan 115 stasiun pengisian daya, termasuk 7 titik pengisian super cepat yang berlokasi di diler dan area publik seluruh Indonesia.

Ia menegaskan, melalui beragam pilihan mobil ramah lingkungan, masyarakat dapat lebih mudah membantu mengurangi emisi karbon di sektor transportasi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D