JAKARTA – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatatkan penjualan positif pada paruh kedua tahun 2024. Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, produsen mobil asal Jepang itu meraih penjualan lebih dari 100.000 unit di Indonesia.
Dari segi kontribusi, penjualan terbesar masih didominasi oleh 3 model utama, seperti Sigra yang penjualannya sebanyak 34.374 unit atau 33,3 persen. Setelah itu Gran Max PU (Pick-Up) sebanyak 24.542 unit atau 23,8 persen dan Terios sebanyak 12.642 unit atau 12,2 persen.
Dari segi penjualan, ketiga model ini berperan besar di setiap segmennya. Dimulai dari Sigra yang menguasai 60 persen pangsa pasar di segmen MPV LCGC (Low Cost Green Car).
Disusul Gran Max Pick-Up dengan pangsa 56 persen di segmen low pick-up. Gran Max MB (Mini Bus) menguasai 92 persen segmen Low Semi Commercial dengan total penjualan 8.536 unit.
Secara nasional, penjualan ritel mobil selama 7 bulan berkisar 500 ribu unit. Dengan demikian, pangsa penjualan Daihatsu pada pangsa pasar mobil nasional sebesar 20,3 persen.
Selain itu, penjualan bulanan Daihatsu juga mencatatkan hasil positif dengan peningkatan sebanyak 13.845 unit pada Juli 2024. Angka tersebut meningkat sekitar 6 persen dibandingkan Juni yang terhenti di angka 13.065 unit.
Dr Mulyono, Kepala Pemasaran dan Hubungan Pelanggan PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation menyebutkan hingga Juli 2024, penjualan ritel Daihatsu berkinerja positif.
“Harapannya, hasil baik di awal semester II ini dapat menjadi sinyal baik bagi pasar mobil nasional untuk mencatatkan pertumbuhan positif di akhir tahun,” kata Tri dalam keterangan resmi.
Tercapainya penjualan tersebut berkat dukungan berbagai kenyamanan memiliki mobil baru Daihatsu, mulai dari ruang retail, kemungkinan pembelian secara pinjaman dari perusahaan rental jika diperlukan; serta berbagai layanan purna jual untuk memudahkan perawatan.