dianrakyat.co.id, Jakarta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Leap Telkom memperkenalkan platform komprehensif bernama Omni Communication Assistant (OCA) untuk membantu perusahaan di Indonesia menerapkan strategi manajemen hubungan pelanggan (CRM).
Platform ini dapat melacak interaksi pelanggan dan mengumpulkan data dan informasi yang relevan. OCA juga dapat memantau interaksi antara perusahaan dan pelanggan melalui panggilan suara, pesan teks, atau panggilan video. Informasi ini dapat digunakan secara langsung untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan sehingga perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih personal dan tepat.
EVP Digital and Business Telkom Komang Budi Aryasa mengatakan Telkom terus berupaya membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan
“Melalui OCA, Telkom berupaya membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggannya sesuai dengan kebutuhannya. Kedekatan yang personal dan relevan dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan lama dan menarik pelanggan baru.” Dengan menggunakan OCA, strategi CRM yang diterapkan perusahaan dapat lebih optimal ,” kata Budi Aryasa.
Budi menjelaskan OCA juga dapat mengintegrasikan data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan untuk melakukan analisis tingkat lanjut dengan menganalisis pola interaksi pelanggan dan data lainnya. Analisis ini juga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai perilaku pelanggan dan meningkatkan strategi layanan mereka.
Bukan hanya itu saja manfaat OCA, Bud mengatakan OCA juga mempermudah penjadwalan janji temu atau tugas dengan klien. Dengan mengintegrasikan ke dalam sistem CRM, perusahaan dapat secara otomatis menyinkronkan jadwal janji temu dengan informasi kontak pelanggan dan mengirimkan pengingat sebelum janji temu.
OCA juga dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan. Melalui pesan instan atau panggilan suara, pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan untuk mengajukan pertanyaan atau permintaan mereka. Sistem CRM juga dapat digunakan untuk melacak dan menanggapi keluhan ini dengan mudah dan efisien.
PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) sebagai operator terminal yang menyediakan layanan peti kemas dengan sistem jaringan antar pelabuhan yang terintegrasi, telah merasakan manfaat yang ditawarkan oleh OCC. Dengan menggunakan platform OCA, IPC TPK mampu menciptakan sistem komunikasi yang dapat menangani keluhan pelanggan dengan lebih cepat, termasuk menciptakan sistem pelaporan yang memudahkan tim layanan pelanggan perusahaan dalam menganalisis tren keluhan yang mereka alami dari pelanggan.
Terbukti saat ini IPC TPK mampu menangani keluhan dan pertanyaan pelanggan hingga 233% lebih banyak dalam sehari dibandingkan sebelumnya.
OCA juga dapat memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan, misalnya, dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang preferensi pelanggan atau riwayat pembelian untuk menyesuaikan pesan atau rekomendasi produk.
Tidak hanya OCA, Leap Telkom Digital juga mencakup produk dan layanan digital Telkom lainnya yang dapat dilihat di https://leap.digitalbisa.id/our-product.
(*)