0 0
Read Time:2 Minute, 41 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Riset baru yang dilakukan Jenius menunjukkan bahwa masyarakat digital savvy atau penggiat digital mengantisipasi kebutuhan tambahan di bulan Ramadhan 2024 dengan memilih opsi pinjaman.

Genius menyatakan bahwa jumlah orang yang paham digital yang memilih opsi pinjaman telah meningkat dari 13% tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 35% dari mereka berniat memberikan pinjaman selama Ramadhan 2024 untuk berbagai keperluan antara lain untuk Idulfitri (60%), modal usaha (46%) dan renovasi rumah (18%). ).

“Kalau kita lihat di internal setup, fitur pinjaman kita lebih banyak dan (pemanfaatannya) meningkat, sebenarnya sebulan sebelum (pembayaran) THR. Karena produk (pinjaman) kita seharusnya membantu cash flow, misalnya mereka pakai Flexi. Tunai dulu di bulan Februari dan akan dilunasi di bulan Maret saat THR diturunkan,” kata Febri Rusli, Kepala Digital Banking Partnership Bank BTPN, di Jakarta Media Day, Selasa (26 Maret 2024).

Terdapat lima fitur populer di platform Jenius bagi masyarakat digital savvy untuk membantu mereka mengelola keuangan sepanjang bulan Ramadhan dan menjelang Aidilfitri, yaitu Flexi Cash, Jenius QR, Jenius Paylater, Kartu Kredit Jenius, dan Kartu Debit Jenius.

“Genius memiliki serangkaian fitur lengkap untuk membantu masyarakat yang paham digital dalam mengelola berbagai kebutuhan keuangan, termasuk manajemen arus kas. Salah satunya Flexi Cash, dana fleksibel dengan limit hingga Rp. 200 crore yang dapat didistribusikan jika diperlukan. Kami juga menawarkan Jenius Paylater untuk kebutuhan transaksi harian yang dapat dibayarkan pada bulan berikutnya. Anggota Jenius juga dapat menggunakan kartu kredit Jenius untuk mengatur arus kas dengan limit yang dapat diatur sesuai kebutuhan,” jelas Febri.

Sekadar informasi, survei Jenius bertajuk “Studi Jenius: Perilaku Orang Cerdas Digital Selama Ramadhan & Menjelang Hari Raya Aidilfitri 2024” dilakukan antara 28 Februari hingga 18 Maret 2024. Sebanyak 233 responden diikutsertakan.

Survei ini melibatkan 233 responden berusia antara 17 dan 40 tahun yang berasal dari berbagai wilayah Jabodetabek dan non-Jabodetabek (Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, dan Aceh).

Hasil kajian Jenius menggambarkan perilaku masyarakat atau pegiat digital tahun ini yang fokus pada pengelolaan THR, peningkatan kualitas ibadah, dan mempererat silaturahmi dengan berkumpul bersama keluarga.

Bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2024 selalu menjadi berkah bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pasalnya startup ini banyak dikunjungi pengunjung yang ingin berbelanja produk fashion.

Salah satunya dirasakan oleh seorang wanita penjual gamis bernama Risma (40). Ia mengatakan, selama dua minggu Ramadan, penjualan meningkat lebih dari 50 persen.

“Iya ramai antara bulan puasa dan hari raya. Penjualannya tidak naik drastis, tapi cukup bagus, di atas 50 persen,” kata Risma kepada dianrakyat.co.id saat ditemui di warungnya, Blok B Lantai LH, Tanah. Pasar Abang, Jakarta Pusat, Rabu (27/03/2024).

Seorang pemilik toko pakaian mengatakan tren belanja diperkirakan akan terus meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ia juga menyarankan, jika ingin mencari baju lebaran di Pasar Tanah Abang, sebaiknya berbelanja di hari biasa seperti Senin hingga Jumat. Karena biasanya banyak pengunjung di akhir pekan yaitu Sabtu-Minggu.

“Kalau hari libur sering ramai. Kalau mau belanja sebaiknya belanja di hari minggu, jangan di akhir pekan, Sabtu atau Minggu akan ramai,” ujarnya.

Namun, perempuan berusia 40 tahun itu tidak menyebutkan berapa jumlah kemacetan yang didapatnya selama bulan Ramadhan. Kendati demikian, ia berharap penjualan bisa terus tumbuh jelang Idulfitri.

“Iya saya pengen banget jualannya terus, karena setelah Hari Raya pasar tutup bertepatan dengan hari raya,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D