JAKARTA – Ketika perusahaan ingin melakukan ekspansi ke pasar baru, maka perusahaan harus mencari mitra lokal untuk memudahkan masuknya. Hal itulah yang telah dilakukan Rocketindo di Indonesia selama kurang lebih delapan tahun.
Rocketindo bertindak sebagai mesin e-commerce bagi merek asing untuk menjangkau konsumen Indonesia dengan menyediakan solusi end-to-end seperti manajemen media sosial, optimalisasi pemasaran digital, manajemen e-commerce, kolaborasi dan siaran langsung dengan key opinion leader (KOLs). , saluran bisnis fisik dan perwakilan penjualan serta logistik dan pengawasan peraturan.
Penawaran regulasi Rocketindo mempermudah perolehan izin impor, deklarasi bea cukai, dan dokumen resmi lainnya untuk merek internasional. Rocketindo telah bekerja sama dengan berbagai merek dari Taiwan, Jepang, China, India dan Amerika di bidang ini selama hampir satu dekade.
Alhasil, Eileen Grace (merek kulit ternama asal Taiwan) menduduki peringkat teratas kategori Masker Jelly Shopee pada April 2024. Di bulan yang sama, Miss Daisy (merek rambut Taiwan) dan SH-RD (merek rambut Taiwan) menduduki peringkat pertama Rambut Anti Ketombe Shopee. Kategori Perawatan dan Perawatan Intensif.
“Rocketindo memiliki rekam jejak yang terbukti dalam memberikan layanan end-to-end yang efisien, akurat, dan komprehensif kepada merek asing. Tim regulasi internal Rocktindo yang meliputi apotek, regulator, dan pengacara perusahaan menyediakan layanan konsultasi terkini,” kata Daniel Liu, Pendiri dan CEO Rocketindo.
“Keahlian kami dalam menerjemahkan peraturan daerah Indonesia menjadi solusi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh merek asing, serta pengalaman kami yang luas dalam bekerja sama dengan perusahaan pelayaran lokal dan otoritas bea cukai untuk menyederhanakan proses impor, telah membantu beberapa merek masuk ke Indonesia.” pasar,” tambahnya.
Sementara itu, Indonesia berada di peringkat ke-73 dalam kemudahan berusaha berdasarkan indeks Doing Business 2020 terbaru Bank Dunia. Indonesia menduduki peringkat 120 pada tahun 2013. Lebih lanjut, menurut pengarahan ASEAN, Indonesia telah mengalami kemajuan dalam praktik impor dan ekspor, mengingat Indonesia bertujuan untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia pada tahun 2045.
Selain perkembangan positif yang disebutkan di atas, pasar e-commerce Indonesia telah menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Menurut Organisasi Perdagangan Dunia Amerika Serikat, e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai US$86,81 miliar pada tahun 2028. Dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 10,4%, perkiraan angka tersebut akan mencapai US$52,93 miliar pada tahun 2023.