0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Berdasarkan riset terkini, hobi Generasi Z di Indonesia tidak hanya membuat dan menampilkan atau menyesuaikan konten olahraga, tetapi juga membagikannya ke berbagai media sosial. Pembuatan konten dipengaruhi oleh sikap Generasi Z yang kreatif dan mau menginspirasi orang lain.

Dalam survei bertajuk “360: GenZ Data” yang dilakukan Kantar Indonesia terhadap 4.000 responden dari berbagai generasi; Lebih dari 40 kota di Indonesia secara khusus mencakup 1.200 responden Gen Z. “Nah, yang paling penting memotivasi mereka untuk mempublikasikan konten olahraga di website adalah untuk menginspirasi orang lain. Apresiasi,” kata Dwi Anggraeni, Direktur Kantar Indonesia di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Studi ini menunjukkan bahwa 64 persen Generasi Z yang mayoritas peneliti selalu memposting hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, termasuk minat olahraga. Secara lebih rinci, Studi ini menunjukkan bahwa 80 persen Generasi Z menganggap kesehatan dan kekuatan mereka sebagai kualitas kebahagiaan dalam hidup mereka.

Karena itu, Dalam hal menjaga kebugaran jasmani, Generasi Z memiliki kinerja 1,8 kali lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya; ribuan tahun dan generasi; sepak bola Tidak mengherankan jika bola basket dan olahraga lainnya 1,9 kali lebih populer dibandingkan Generasi X.

Namun Generasi Z juga merupakan kelompok yang menyukai olahraga dalam ruangan seperti yoga dan pilates yang sedang tren saat ini. Mereka mencatat minat 2,3 kali lebih besar dibandingkan Generasi X terhadap game-game populer tersebut.

Selain passionnya, Generasi Z juga kerap memposting konten olahraga di media sosial untuk mendokumentasikan segala hal baru yang mereka lakukan. “Salah satu responden mengatakan dia ingat memenangkan 5K, 10K, dan maraton pertamanya karena media sosial. Ada yang melihat kemajuannya di kepalanya, tetapi harus jatuh berkali-kali. “Kalau dicoba pasti berhasil. Jadi penyebaran ini sangat mempengaruhi dan memotivasi mereka,” kata Dwi.

Selain itu, kebiasaan Generasi Z dalam mengenakan perlengkapan olahraga juga dirasa didukung oleh para pengikutnya sehingga mereka merasa lebih nyaman menjaga kebugaran dan berhubungan dengan komunitas yang memiliki minat serupa. Salah satu iklan media sosial yang menarik minat Generasi Z terhadap game adalah TikTok. Haswar Hafid, Head of Brand Partnerships TikTok Indonesia, mengatakan #sports khususnya di Indonesia telah mencapai 1 juta 11 miliar pengguna TikTok.

Namun untuk game lain yang lebih spesifik dengan genrenya; Biasanya partisipasi penonton lebih banyak. Misalnya, Untuk hal-hal yang berkaitan dengan lari; Dengan total 39 miliar views, konten TikTok asal Indonesia mencatatkan empat juta kata kunci #running.

Sebagian besar game ini memiliki pesan motivasi, kata Haswar, yang menjadikan TikTok sebagai platform hebat untuk mendukung komunitas pecinta game. Ia melihat pertumbuhan olahraga di Indonesia seiring dengan bertambahnya jumlah generasi muda yang mengetahui pentingnya kesehatan jasmani.

“Kondisi itu sendiri menjadi faktor yang memperparah hal tersebut karena banyak orang mengetahui pentingnya hidup sehat,” kata Haswar.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D