JAKARTA – Riset yang dirilis Spotify menjelaskan tren kebiasaan bermusik di Indonesia. Peneliti dari Monash University di Indonesia menemukan betapa populernya algoritma musik di era streaming saat ini.
Harriman Samuel Saragih, asisten profesor di Departemen Inovasi Bisnis di Monash University di Indonesia, mengatakan dalam penelitian bertajuk “Memprediksi popularitas lagu berdasarkan fitur audio dari Spotify: Wawasan dari Pengguna Media Streaming Indonesia” bahwa fitur audio yang bisa didapat dari layanan media streaming, mempengaruhi kesukaan dan popularitas lagu dalam negeri.
Penelitian ini melibatkan sampel acak sebanyak 560 responden Milenial dan 602 responden Gen Z dari 10 kota.
Hasilnya, terbukti sebanyak 33% generasi Milenial dan 38% Gen Z rutin mengandalkan rekomendasi musik dari platform streaming untuk menemukan musik baru.
Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa genre musik pop mendominasi, menyumbang 50% preferensi, diikuti oleh K-pop hampir 15%.
“Studi ini memanfaatkan data Spotify dan memilih sampel yang mewakili pengguna streaming di Indonesia,” kata Harriman.
Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran mesin untuk memprediksi popularitas suatu lagu dengan menganalisis berbagai karakteristik audio, termasuk tempo, energi, dan ketukan dance, serta aspek instrumental dari lagu tersebut.
“Penelitian menemukan bahwa pengguna streaming Indonesia umumnya menyukai lagu-lagu yang fresh, happy, positif, dan danceable,” jelas Harriman.
Temuan ini juga menjelaskan mengapa lagu “Seven” yang dinyanyikan Jungkook BTS dengan mudah merebut hati anak muda.
Faktor yang mempengaruhi kepopuleran lagu di indonesia