0 0
Read Time:4 Minute, 3 Second

dianrakyat.co.id, penyedia layanan konsumen berbasis di Jakarta yang menyediakan voucher, baik fisik maupun digital, terus berkembang. Menurut Jaringan Afiliasi Admitad, jumlah pembelian online menggunakan kupon akan meningkat 20% pada tahun 2023 dan 17% YoY pada paruh pertama tahun 2024. Pluxee, mitra global terkemuka dalam bidang tunjangan dan hubungan karyawan, memberikan tanggapannya. Peluang ini dengan memperluas jaringan supermarket.

Bekerja sama dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), Pluxee berkomitmen memberikan lebih banyak pilihan dan kemudahan bagi penggunanya untuk menjual kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan Kiki Randall, Managing Director PT Plixi Indonesia Solutions saat penandatanganan kerja sama antara Plixi dan MPPA. Melalui kerjasama ini, lanjut Kiki, diharapkan Plexi Gift dan Plexi Gift dapat diterima di 182 toko supermarket dibawah kepemimpinan MPPA seperti Hypermart, Hyfresh Supermarket, Foodmart, Primo dan FMX di seluruh Indonesia.

“Langkah besar ini merupakan bagian dari upaya kami untuk melanjutkan transformasi Plexi Indonesia menjadi identitas baru yang dimulai pada akhir tahun lalu. Dengan pengalaman lebih dari 18 tahun, kami berkomitmen terhadap bisnis kami untuk terus meningkatkan layanan kami dengan memperluas jaringan dan memberikan kemudahan serta pilihan lain bagi pengguna voucher,” kata Kiki, Minggu (8/9/2024).

Bagi Pluxee, kolaborasi ini tentunya akan menambah jumlah seller dan seller yang terhubung dengan Pluxee. Detailnya, voucher Plexi bisa didapatkan di lebih dari 800 merchant dengan lebih dari 32.900 toko di seluruh Indonesia.

Studi terbaru yang dilakukan Populx menunjukkan bahwa setelah pandemi, pelanggan yang memilih aktivitas belanja offline meningkat dua kali lipat, sedangkan persentase aktivitas belanja online sedikit menurun.

Hal ini juga menunjukkan bahwa meskipun tren belanja online sangat populer, namun konsumen Indonesia masih lebih memilih berbelanja secara offline. Chief Operating Officer (COO) MPPA Hendry Tadjoni turut hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut. Rangkaian acara diawali dengan tur toko hypermart, penandatanganan perjanjian kerjasama, dan acara tomping-gunting.

Menurut Kiki, Hendry menyambut antusias kerjasama ini dan berharap dapat saling membantu dalam upaya perluasan pasar dan semakin banyak pengguna Voucher Plexi yang berbelanja di jaringan supermarket MPPA. Hendrie mengatakan, “Kehadiran Plexi akan meningkatkan pilihan pembayaran di 182 supermarket di bawah MPPA yang sejalan dengan misi perusahaan kami untuk terus menyediakan makanan dengan kualitas terbaik dan segar untuk kebutuhan keluarga dengan harga terjangkau untuk pasar Indonesia.”

Pada triwulan I tahun 2023, pusat perbelanjaan modern dan ritel khususnya pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri mampu meraih kinerja positif. Performa tersebut dinikmati oleh para pelaku usaha yang ikut serta dalam pengembangan berbagai saluran penjualan, baik digital maupun offline.

CEO Lipo Group John Reddy menilai waktu Ramadhan dan Idul Fitri turut memberikan semangat beraktivitas di kuartal I 2023. Menurut dia, membaiknya daya beli dan pelonggaran kebijakan terkait pandemi telah meningkatkan kinerja tersebut. Sektor riil.

Keputusan pemerintah untuk meringankan pergerakan masyarakat di masa wabah Covid-19 pada akhir Desember tahun lalu dengan mencabut Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berhasil disusul Ramadan dan Idul Fitri tahun ini konsumsi. . 

Pertumbuhan konsumsi masyarakat yang mencerminkan daya beli mulai membaik seiring menurunnya jumlah kasus Covid-19. Momen ini memacu perkembangan signifikan bagi sektor ritel dan pusat perbelanjaan modern.

Lipo Group yang juga memiliki jaringan bisnis ritel seperti Matahari Putra Prema Tbk. (MPPA) bahkan toko modern pun mendapat berkah ini. “Hal ini juga telah diakui oleh asosiasi terkait, bahwa kunjungan ke mal dan aktivitas ritel modern akan mengalami pertumbuhan yang signifikan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023,” kata John.

Lebih lanjut, John menjelaskan pergerakan konsumsi masyarakat tersebut mendongkrak kinerja kuartal I sekaligus membuka prospek positif pada tahun ini. Sebagaimana dipublikasikan Badan Pusat Statistik (BPS), pada triwulan I tahun 2023, PDB (Produk Domestik Bruto) mencapai 5,03 persen.

“Hal ini sangat positif di tengah situasi perekonomian global yang penuh ketidakpastian.” Yang lebih menggembirakan lagi, lebih dari separuh penopang PDB masih bersumber dari konsumsi rumah tangga, yakni membaiknya permintaan rumah tangga,” jelas John.

 

Di sisi lain, John menegaskan prospek masa depan sektor ritel dan pusat perbelanjaan modern sangat menjanjikan. Dia menjelaskan, pada libur lebaran 2023, mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan modern merupakan “tren moderat”.

Arus kunjungan mall di kota-kota besar, khususnya Jakarta, memang dipenuhi masyarakat dari berbagai daerah. Selain itu, peran mal telah berubah secara signifikan dan semakin meluas sebagai sarana keluar kota. Tren ini juga diakui oleh asosiasi ritel dan pengusaha mal yang mengunjungi mal dari daerah dan memiliki banyak kebutuhan, ”tegasnya.

Salah satu faktor yang mendorong tren tersebut, lanjut John, tidak lain adalah infrastruktur yang lebih baik yang dapat menghubungkan antar provinsi, bahkan antar pulau. “Jadi ke depan, tren mal tidak hanya untuk mempromosikan pasar kota-kota sekitarnya, tapi juga sebagai pusat wisata perkotaan baru yang bisa dilihat pasarnya lebih luas.”

Sementara itu, terkait sektor ritel, John menjelaskan meski laju pertumbuhan pada periode Ramadan dan Idul Fitri tidak sebaik ekspektasi sebagian pelaku usaha, namun secara keseluruhan kuartal I tahun ini sangat baik. 

Hal tersebut, kata John, terlihat dari kinerja omzet yang diraih para pelaku usaha sektor ritel. “Kami, MPPA, juga mencatat pertumbuhan top-line, tumbuh lebih dari 5 persen tahun-ke-tahun.”

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D