0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

JAKARTA. Peluncuran Hyundai Ioniq 5 N di GIIAS 2024 menjadi sorotan bukan hanya karena banderol mahal Rp 1,3 miliar, tapi juga karena terjual 130 unit di pameran tersebut.

Franciscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID, mengatakan ini bukti masyarakat Indonesia masih punya banyak uang, meski pasar mobil secara umum sedang lesu.

Namun, apakah ini benar? Apakah penjualan Ioniq 5 N hanya anomali atau cerminan masih tingginya daya beli masyarakat?

Jual Ioniq 5 N

Penjualan Ioniq 5 N: 130 unit di GIIAS 2024

Ioniq 5 N Harga: Rp 1,3 Miliar (OTR Jakarta)

Pernyataan Franciscus Soergiopranoto soal tingginya daya beli masyarakat memang didukung dengan penjualan Ioniq 5 N yang impresif. Namun perlu dicatat, mobil ini menyasar segmen premium yang tentunya memiliki daya beli lebih besar dibandingkan segmen lainnya.

“Sekarang kita lihat kelas menengah atas punya uang. Tapi karena suku bunganya tinggi, suku bunga pun tinggi, sehingga mereka menaruh uangnya di obligasi pemerintah. Misalnya ya. Kalau tidak ada produk (mobil) yang (benar-benar) menarik, mereka tidak akan membelinya,” kata Frans, baru-baru ini di Jakarta Selatan.

Prancis mencontohkan pesanan Hyundai Ioniq 5 N saat pertama kali diluncurkan cukup tinggi. Hal ini membuktikan masyarakat Indonesia kini berbelanja produk yang mereka sukai.

“Dalam hitungan jam (peluncuran), Ioniq 5 N sudah memiliki 18 SPK, kemudian meningkat menjadi 20 SPK. Lalu terakhir ditutup dengan 130 SPK. Artinya orang Indonesia memang punya uang, tergantung produknya ada atau tidak, ujarnya.

Oleh karena itu, Prancis menilai sangat penting bagi setiap pabrikan untuk memperkenalkan model kelas atas mereka kepada konsumen Indonesia. Menurut dia, masyarakat kelas menengah ke atas banyak dan daya belinya besar.

“Karena di sana (model maksimal) volumenya bisa kita tingkatkan. Kalau ke (bagian bawah) ada kanibalisme. Mereka saling makan. Karena di sana pasarnya ambruk,” ujarnya.

“Ini perang harga, perang keuntungan, jadi saling memakan. Apa gunanya? Tujuan kami adalah memperluas cakupan pasar. Jadi kami berharap selain Hyundai, merek lain juga akan memperkenalkan produk barunya,” lanjut France. .

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D