0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

JAKARTA – MPLS tahun ajaran 2024/2025 akan segera dimulai. Kemendikbud juga memberikan pembinaan terhadap kegiatan yang akan dilakukan dalam MPLS mulai dari tingkat PAUD hingga SMA.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan pertama bagi siswa baru di sekolah untuk mengenal program, manajemen, sumber daya sekolah, sarana prasarana, metode pembelajaran, konsep pengetahuan diri dan perkembangan awal budaya sekolah. dorongan

Baca Juga: MPLS 2024 Dimulai Besok, Penting Apa Bagi Fresher?

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru, MPLS perlu menyelenggarakan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk menjadikan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak, dan nyaman. . siswa.

Baca Juga: Tarif Abdul Khaleq Ahmed Salah. Siswa MPLS merasakan pengajaran senjata udara gaya militer

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menerbitkan Pedoman MPLS untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam, dan aman bagi semua orang di tingkat PAUD hingga SMA.

Merujuk pada Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang MPLS Tahun Pelajaran 2024-2025, berikut Pedoman MPLS Tahun 2024.

Panduan kegiatan MPLS di tingkat prasekolah

1. Ajaklah siswa untuk melakukan icebreaker: 10 menit

2. Menghimbau para orang tua untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, beragam dan aman bagi semua: 25 menit

3. Ajak siswa menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan: 20 menit

4. Ajaklah siswa untuk mengidentifikasi perasaannya melalui kegiatan Roda Perasaan: 15 menit

5. Menegaskan nir-kekerasan: 20 menit

Baca Juga: Maba Meninggal Saat MPLS, Kepala Sekolah SMPN 1 Ciambar Tersangka

Panduan kegiatan MPLS tingkat sekolah dasar

1. Memecah kebekuan: 10 menit

2. Mengajak siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, beragam dan aman bagi semua: 25 menit

3. Menonton film pendek tentang pencegahan kekerasan bersama: 20 menit

4. Mainkan permainan “Bisa dan Tidak Bisa”: 5 menit

5. Ajaklah siswa untuk mengidentifikasi perasaan mereka menggunakan Roda Perasaan dan Umpan Balik: 15 menit

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D