0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Suzuki akan segera memasuki pasar elektrifikasi India dengan memulai produksi skuter listrik pertamanya di negara tersebut pada Desember 2024. Model ramah lingkungan dengan simbol ‘S’ ini akan menggunakan sistem baterai built-in dan berbeda. Dari E-Bergman yang terlihat sedang diuji di India menggunakan baterai yang bisa dilepas.

Menurut Autocar India, skuter listrik pertama Suzuki di India dengan kode nama XF091 kemungkinan besar akan diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2025.

Merek asal Jepang itu memperkirakan volume penjualan tahunan skuter listriknya bisa mencapai 25.000 unit.

Setahun lalu, Suzuki memperkenalkan E-Bergman dengan baterai yang dapat diganti atau dikenal dengan nama Swap.

Nama skuter listrik Suzuki ini sebenarnya belum diketahui dan mengingat popularitas model Access dan Bergman yang luas, skuter ini mungkin menggunakan nama yang sama.

Bukan tanpa alasan skuter listrik di India ini akan menggunakan nama e-Access karena model ini sudah diluncurkan di banyak negara dan tampilan versi listriknya akan mirip dengan versi bensin.

“Dari segi desain dan ukuran, Suzuki akan menggunakan pendekatan yang sama dengan e-Burgman,” kata Gadiwadi seperti dikutip dalam laporan skuter listrik Suzuki.

Suzuki telah mengajukan paten baru untuk sepeda motor listrik barunya berjenis motorcross atau trail. Kendaraan ramah lingkungan ini menggunakan salah satu model RM-Z yang populer.

Menurut Motor1, paten sepeda motor listrik Suzuki yang didaftarkan dengan judul Power Unit tidak menyebutkan platform yang akan digunakan, maupun baterai dan tenaga motor listrik tersebut.

Sebaliknya, paten tersebut hanya berfokus pada detail transmisi, yang mengurangi final drive melalui serangkaian gigi sebelum mencapai sproket depan.

Pada dasarnya tata letak persneling yang dipatenkan Suzuki dan ini sangat menarik karena memungkinkan rasio gigi akhir sepeda dikurangi untuk pengendalian yang lebih baik dan akselerasi yang lebih cepat.

Selain itu, dimensi drive tetap kompak dan ringan.

Hal menarik lainnya yang perlu diperhatikan adalah posisi gigi depan lebih dekat ke garis tengah mesin dibandingkan gigi keluaran mesin. Dengan demikian Suzuki bisa mempertahankan posisi rantai Suzuki RM-Z.

Dalam praktiknya, ini berarti desain lengan ayun dan roda belakang saat ini dapat dengan mudah dibawa dari model konvensional.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D