0 0
Read Time:1 Minute, 42 Second

JAKARTA – Penjualan mobil Indonesia saat ini tertahan di angka satu juta selama satu dekade terakhir karena melemahnya daya beli, kenaikan suku bunga global, penurunan pendapatan per kapita dan berbagai faktor lainnya.

Selaku Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Pak Kuku Kumara pun mengakui penjualan mobil masih di angka satu juta unit dan mengatakan pihaknya harus realistis dengan kondisi pasar mobil baru saat ini.

“Penjualan mobil baru masih stagnan di angka satu juta unit, salah satu penyebabnya adalah harga mobil baru yang belum terjangkau oleh pendapatan setiap orang,” ujarnya di dianrakyat.co.id Otomotif, Gedung Kementerian Perindustrian. , Jakarta

Kukuh mengungkapkan penjualan mobil di dalam negeri turun 21 persen menjadi 334 ribu unit pada Mei 2024. Oleh karena itu, pihaknya mempunyai kemampuan untuk mengubah target penjualan kendaraan roda empat di dalam negeri.

“Sebenarnya belum ada amandemen karena harus dibicarakan dengan seluruh anggota parlemen. Kita tidak mau sepihak, kita harus duduk. Saat ini belum, tapi kita harus realistis. ditinjau,” kata Kukuh.

Sementara itu, Rianto, Peneliti LPEM Universitas Indonesia, menekankan bahwa pemerintah dapat menciptakan insentif finansial untuk mendorong masyarakat kelas menengah atas yang termasuk dalam kategori kaya untuk membeli mobil baru.

Misalnya, kelonggaran pajak untuk kendaraan rendah LCGC dan 4×2, kata Rianto.

Sementara itu, Rianto mengatakan peningkatan penjualan kendaraan baru di Indonesia dapat didorong dengan pemutakhiran program KBH2 atau upgrade kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan terjangkau atau (LCGC).

Padahal, program mobil murah KBH2 (LCGC) harusnya dihidupkan kembali pada 2013, ujarnya.

Menurut Riento, hal itu harus dilakukan untuk menekan harga mobil.

“Jadi bisa dibuat bagian-bagian mobilnya yang canggih agar kedepannya harganya tidak naik. Jadi tidak perlu ribet, yang penting ramah dan bisa menekan biaya produksi,” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, penjualan mobil di Indonesia mencapai nilai tertingginya pada tahun 2013 sebesar 1,22 juta unit. Saat terdampak peluncuran program KBH2, segmen tersebut langsung menyumbang lebih dari 30 persen penjualan nasional. Pertumbuhan Penjualan, Tatalogam Lestari Menambah Pendapatan Masyarakat PT Tatalogam Lestari (Tatalogam Group) membuka peluang bagi perusahaan untuk bergabung dengan perusahaan dari berbagai kalangan guna meningkatkan penjualan baja ringan. dianrakyat.co.id.co.id 19 September 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D