0 0
Read Time:3 Minute, 31 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Instagram diketahui tengah menjajal metode baru “Ad Break”. Metode ini tidak memungkinkan pengguna melewatkan iklan begitu saja.

Dengan cara beriklan ini tidak bisa langsung dilewati, pengguna harus menunggu hingga iklan selesai diputar sebelum melanjutkan menelusuri feed Instagram.

Berdasarkan gambar beberapa pengguna Twitter alias X, seperti dilansir Engadget, Rabu (5/6/2024), jeda pesan tersebut hanya berlangsung beberapa detik. Namun jangka waktu tersebut bisa berubah jika Meta, pemilik Instagram, menentukan durasi jeda iklan resmi.

Meskipun iklan tanpa filter adalah hal yang umum, terutama di YouTube, format iklan ini bisa sangat populer di aplikasi media sosial seperti Instagram.

Perlu dicatat bahwa Meta juga sedang menguji metode periklanan baru lainnya, di mana iklan akan muncul pertama kali di feed utama, dibandingkan dengan konten Reels atau Stories.

Namun iklan tersebut masih bisa dilewati dan menunggu saat menelusuri feed Instagram.

Meta tidak segera menanggapi permintaan komentar, tetapi perusahaan mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa mereka sedang menguji format iklan baru.

“Saat kami menguji dan mempelajari, kami akan memberikan pembaruan jika pengujian ini mengarah pada perubahan produk secara formal,” kata juru bicara Meta.

Selain menerapkan metode periklanan baru, Instagram baru saja menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membatasi interaksi dengan (apa saja) akun IG yang tidak ada dalam daftar teman dekatnya.

Meta menyebut fitur ini Pengurangan Komunikasi. Dikutip Gizchina, Senin (3/6/2024) Jika fitur ini diaktifkan, pengguna akan mendapat pengingat yang meminta pengguna untuk menonaktifkan fitur tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Setelah itu, fitur ini memberikan opsi kepada pengguna untuk membatasi interaksi dari pengikut dekat atau akun IG yang tidak mengikuti pengguna. Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk membatasi akun tanpa melarangnya.

Dengan fitur baru Instagram ini, akun yang tidak masuk dalam daftar teman yang diblokir tidak akan bisa melihat status online pengguna atau kapan pengguna membaca pesannya.

Tak hanya itu, pesan mereka tidak muncul di kotak masuk DM, melainkan dipindahkan ke aplikasi Messenger.

Pembaruan iklan hanya dapat dilihat oleh pengguna dan mereka yang tidak ada dalam daftar teman dekat. Saat Anda mencoba menandai atau menyebut pengguna, mereka akan melihat pesan yang mengatakan bahwa pengguna tidak mengizinkan semua orang menandai Anda.

Ingat, ketika fitur ini diaktifkan, penggemar (akun IG) yang tidak ada dalam daftar teman dekat tetap bisa berinteraksi dengan postingan pengguna. Namun komentar dan pesan mereka tidak dapat dilihat oleh orang lain atau pemilik akun.

Menurut Meta, bagian ini cocok untuk anak muda yang ingin membatasi diri pada orang lain yang belum terlalu mereka kenal. Namun, semua pengguna dapat mengakses fitur ini.

Selain itu, Instagram juga menyempurnakan fitur-fitur yang ada di Notes. Aplikasi besutan Meta ini menambahkan bagian bernama Tips untuk melengkapi bagian Catatan.

Mengutip Engadget, Minggu (2/6/2024), fitur ini memungkinkan Anda mengirimkan pertanyaan ke pengguna lain tanpa mengirimkan pesan.

Fungsi dari fitur baru ini adalah untuk menampilkan pertanyaan atau kalimat yang dapat diselesaikan oleh pengguna. Pertanyaan tersebut muncul dalam bentuk gelembung di atas gambar profil pengguna, serta di kotak pesan langsung (DM) di aplikasi Instagram. 

Pengguna yang ingin memposting jawaban dapat mengklik pertanyaan bergaya gelembung.

Sebagai referensi Anda, Catatan Instagram akan ditampilkan selama 24 jam, memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang melihat pertanyaan.

Misalnya, pengguna dapat berbagi Promosi dengan pengguna yang mengikuti akun Instagram masing-masing atau berbagi Promosi dengan daftar teman dekatnya.

Bagi pengguna yang ingin mencoba fitur-fitur besutan Instagram, kini aplikasi besutan Meta ini berencana menawarkan akses uji coba fungsi yang lebih luas. Jika sebelumnya pengujian diberikan kepada sejumlah kecil penguji (beta tester), aplikasi Meta dikatakan akan memperluas hal tersebut. 

Menurut laporan, Instagram kini berencana membagikan akses pengujian ke bagian pengujian untuk pengguna yang berminat. Sehingga pengguna dapat berpartisipasi dalam menguji fitur-fitur yang dikembangkan platform tersebut.

Mengutip laporan Gadgets360, Kamis (30/5/2024), informasi tersebut diketahui dari laporan salah satu akun Threads. Akun tersebut membagikan tangkapan layar menu Pengaturan di aplikasi Instagram yang menunjukkan opsi bagi pengguna untuk mengakses fitur yang sedang diuji.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna cukup membuka Pengaturan dan Tindakan. Lalu, klik “Akses awal ke fitur”.

Dengan opsi baru ini, Instagram memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur uji coba mereka sesegera mungkin. Hadirnya opsi ini dikatakan akan membantu perusahaan mengadaptasi fitur-fitur baru Instagram dengan kebutuhan sebagian besar pengguna.

Instagram sendiri bukanlah tempat pertama yang melakukan hal ini. Google telah menawarkan pendekatan serupa melalui Google Penelusuran dan Eksperimen YouTube.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D