0 0
Read Time:3 Minute, 57 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Sebuah video yang terekam di ponsel pemilik showroom sepeda motor bekas menyoroti seorang remaja yang masih bersekolah. Berdasarkan keterangan video, anak tersebut sudah gila dan tidak mampu membelikan ayahnya sebuah Honda CBR warna merah, yang tampaknya adalah Honda CBR150 RK45G.

Meski tak mampu membelikan anaknya CBR150R, sang ayah malah menjanjikan model lain, Honda CB150R K15A, yang juga dalam kondisi bekas.

Terlihat anak tersebut menunjukkan ekspresi cemberut dan menolak ditawari CB untuk menggantikan CBR yang diinginkannya.

“Anaknya nggak mau, maunya CBR yang LED,” kata pemilik showroom saat merekam momen tersebut.

“Kalau mau beli ini (CBR150R) uangnya tidak cukup, beli saja ini (CB150R). Anaknya tidak mau,” jelasnya.

Ayahnya hanya bisa tersenyum tipis di wajahnya yang pasrah melihat reaksi tidak setuju putranya.

Karena tak perlu membeli CBR150R generasi keempat, keduanya pulang dengan tangan kosong, dan menyalakan skuter matik Honda Beat miliknya untuk meninggalkan showroom. Ini juga berarti menghapus opsi Honda CB150R milik Ayah.

Belum diketahui berapa harga yang ditawarkan diler motor bekas untuk membeli CBR tersebut. Namun yang pasti CB tolak tersebut justru memiliki mesin yang lebih handal meski tampilannya kurang agresif.

Langkah tersebut dicatat pria pemilik showroom Al Safa Motors yang berlokasi di Jember, Jawa Timur. Rekaman tersebut sebelumnya diunggah di akun TikTok pribadinya, @savamotor99, yang kemudian diunggah ulang oleh @hujatotomotif di platform Instagram hingga akhirnya viral, lengkap dengan komentar dari berbagai kalangan

Akibat perbuatannya, bocah ini pun mendapat beragam tanggapan marah dari warganet di kolom komentar Instagram @hujatotomotif. Ada pula yang menyayangkan tindakan anak tersebut dan memintanya untuk lebih bersyukur.

“Apakah kamu serius ingin meminta sepeda motor kepada orang tuamu?” ***.juuu berkata.

“Beli saja BMX Pak… Masih belum dapat uang, jangan dikacaukan… Nanti jatuh dan mati, dan cita-citanya juga tidak tercapai. tujuh hari penuh kegembiraan… 😟,” canda Hendro.

“Kamu patut bersyukur, saat kamu masih kecil, masih ada orang tua yang siap memenuhi kebutuhan anaknya… Masih banyak orang yang tidak sebaik kamu, Kak, apa yang ada di pikiranmu, biarlah dia bersekolah. sampai kamu selesai lalu bekerja. Untuk membantu orang tuamu saudaraku, Insya Allah semoga sukses jika niatmu membantu orang tuamu ikhlas.”

Sementara itu, yang lain justru membandingkan kedua kendaraan tersebut satu sama lain.

Banyak yang menduga mesin motor sport CBR150R K45G yang meski berbasis sistem mesin DOHC, namun bertipe mesin empat tak.

“Karena DOHC yang asli menginginkan HELLO KITTY, bukan DOHC,” kata ***itadiguna.s

“CB lama sebaiknya DOHC yang asli,” ***_id06 menambahkan komentar.

***lx_95 berkata: “Jangan bilang DOHC asli tidak berguna untuk anak-anak, dia hanya memakainya dan berpose di depan teman-temannya, orang tua mengurus semuanya…”

Jika dibandingkan, keduanya memang benar-benar motor sport. Namun salah satunya sering disebut “probabilitas” oleh para pecinta sepeda motor.

Meski sama-sama mengusung mesin sama 150cc, yakni juga menggunakan mesin empat tak dengan sistem DOHC empat katup, namun karakter mesinnya berbeda.

CBR150R K45G, generasi keempat dari seri ini, memiliki karakter mesin persegi, dengan langkah piston sedikit lebih besar dari diameter piston. Panjang profil adalah 57,3 mm, sedangkan batasnya adalah 57,8 mm.

Mesin jenis ini memiliki tenaga yang kurang lebih sama di semua level rpm, baik rendah maupun tinggi. Meski tidak terlalu besar, namun performa motor sport ini sangat stabil. Karena tidak menambah tenaga di rpm tinggi.

Berbeda dengan CB150R K15A yang memiliki mesin overhead, artinya diameter piston jauh lebih besar dibandingkan langkah piston. Lihat saja, jika diameter piston mesin K15A 63,5 mm, maka langkahnya hanya 47,2 mm.

Jenis pengaturan mesin ini dapat diandalkan pada rpm tinggi dan menghasilkan peningkatan tenaga puncak pada rpm menengah dan tinggi. Itulah ciri-ciri sepeda motor sport pada umumnya.

Oleh karena itu, banyak penggemar yang menyebut K15A sebagai mesin DOHC sejati, bukan K45G yang malu pada putaran tinggi. Bahkan penggemarnya di Indonesia menamai karakter persegi DOHC DOHC Hello Kitty.

Namun bisa dimaklumi bahwa konfigurasi quad dimaksudkan pabrikan untuk memberikan torsi dan tenaga lebih besar untuk penggunaan sehari-hari.

Namun jika berbicara soal output daya, K45G justru menghasilkan kurang dari itu. Tenaga maksimalnya 16,8 PS pada 9000 rpm dan torsi 13,7 Nm pada 7000 rpm. Sedangkan mesin K15A menghasilkan tenaga 16,8 tenaga kuda pada 10.000 rpm dan torsi 13,1 Nm pada 8.000 rpm.

Secara kasat mata, K45G lebih besar dari K15A dan hampir mendekati CBR 250 R. Panjangnya 1.977 mm, lebar 711 mm, tinggi 1.117 mm, dan jarak sumbu roda 1.296 mm. Namun dari segi panjang dan lebar, K15A tetap menjadi pemenangnya. Memiliki panjang 2008 x 719 x 1061 mm dengan keliling 1288 mm.

Dari segi desain, lekukan dan dimensi K45G lebih agresif dibandingkan K15A yang merupakan bare bike.

Dari segi model, K45G merupakan yang terbaru karena dirilis pada tahun 2014-2015, sedangkan K15A pada tahun 2012-2013. Hal ini juga mempengaruhi salah satu teknik pencahayaan. K45G sudah full LED, sedangkan K15A masih menggunakan LED.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D