dianrakyat.co.id Tekno – Pemasaran gaya hidup yang diadopsi oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam beberapa tahun terakhir di ruang digital, akan tetap menjadi favorit tahun ini, kata firma riset publik Ipsos. Prediksi ini dimungkinkan karena belanja langsung memiliki banyak keunggulan dibandingkan metode pemasaran tradisional dan pemasaran online, cara bicaranya mudah dan membangun kerjasama,” kata Andy Sukma, CEO Ipsos Indonesia, dalam diskusi online, Senin, 15 Januari. Konferensi tahun lalu Diikutsertakan hingga ratusan peserta tepatnya 360 UKM berusia 18-55 tahun baik perempuan maupun laki-laki dari wilayah Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar harus memenuhi kriteria yaitu berbelanja melalui Internet dan Penggunaan Shopping Plan sebagai Metode Pemasaran Setelah menganalisis penelitian, ditemukan banyak dampak positif dari pelaku UMKM karena rutin berjualan online dengan metode pemasaran langsung, antara lain memperluas jangkauan pasar, menghemat biaya pendukung, dan membangun kepercayaan. Masyarakat “Sekitar 73 persen orang yang menggunakan metode ini meningkatkan omzet mereka. Selanjutnya, 68 persen diantaranya menyatakan mampu memperluas pasar, dan masih banyak lagi yang mempengaruhi pelaku UMKM. Hubungan mereka dengan pelanggan lebih lancar karena komunikasi yang tepat waktu, 59 persen merasa pelanggan lebih percaya, dan 49 persen merasa aman berbisnis di empat pasar. Shopee Live adalah platform yang paling banyak digunakan di Indonesia, diikuti oleh TikTok Live sebesar 87%, Dan Lazada Live sebesar 71%, dan Tokopedia Play sebesar 62%, serta 4 perusahaan mikro, kecil dan menengah menjual sebagian besar secara online dengan metode belanja langsung, dan fashion mendominasi tingkat penjualan sebesar 56 persen. Diikuti oleh produk kecantikan dan kesehatan sebesar 39%, barang konsumsi fast moving sebesar 32%, dan merek gaya hidup sebesar 17%, Ipsos Indonesia optimis pada tahun 2024, belanja seumur hidup akan tetap menjadi hal yang penting dan banyak UKM yang menggunakannya sebagai metode pemasaran. . On line. “Yang lain akan menggunakan platform lain,” jelas Andy. Semua makanan dalam program pemberian makan gratis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, kata Budi Gunawan. dianrakyat.co.id.co.id 9 Januari 2025
Read Time:1 Minute, 34 Second