0 0
Read Time:4 Minute, 16 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Tanpa rayakan, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan motor sport Kawasaki Ninja ZX-25RR seri edisi terbatas 40 tahun. Dibanderol Rp 138 jutaan, motor ini hadir dalam tiga warna khas: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue.​

“Kami telah menerima banyak permintaan dari para pecinta Kawasaki untuk menjual seri ulang tahun ke-40 Ninja ZX-25RR di Indonesia, dan akhirnya kami dapat menjawab permintaan mereka meskipun dalam jumlah terbatas yang telah berkontribusi dalam revitalisasi dunia otomotif, khususnya motor sport,” ujar Michael C. Tanady dari departemen tersebut. Head of Sales & Promotion PT KMI dalam siaran resminya, Kamis (8/8/2024).

Inilah model termurah di seri Kawasaki Ninja 40th Anniversary. Sebelumnya ada Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR. Seri Ninja 40th Anniversary menampilkan pewarnaan retro.

Tema yang terkenal pada tahun 90an dan biasa digunakan pada sepeda motor superbike. Kemudian mulai populer kembali pada tiga tahun lalu atau pada tahun 2021 saat Jonathan Rea menggunakannya pada ajang balap motor tahunan yang digelar di WSBK Mandalika.

Tampilan livery ke-40 seri Ninja Anniversary ini senada dengan pendahulunya, Kawasaki ZXR750. Warnanya hijau limau, putih kristal mutiara, dan biru. Fitur lainnya adalah logo “Kawasaki” berukuran besar dan lambang peringatan 40 tahun di bagian penutup samping.

Tangki bensinnya berlogo ulang tahun Ninja ke-40. Bentuknya yang seperti stiker kejuaraan mengingatkan kita pada balap tahun 1980-an.

Logo Kawasaki berwarna biru dan trim samping berbahan dasar putih disusun dalam ukuran optimal dan seimbang untuk setiap model kendaraan.

Rangka dan lengan ayunnya dicat perak, mengingatkan pada komponen aluminium yang digunakan pada tahun 1980-an dan 1990-an. Khususnya, tabung garpu depan ZX-25RR dan ZX-4RR tetap berwarna hitam.

Berbeda dengan cat emas pada Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R. Namun semua seri menggunakan warna hijau limau baik untuk roda depan maupun belakang.

Secara spek, ZX-25RR sama dengan versi ZX-25R. Hanya ada beberapa komponen yang membuat perbedaan. Shock Ninja ZX-25RR menggunakan suspensi atas dan bawah Showa dengan pengaturan preload di sisi kanan.

Bagian belakang dapat disetel sepenuhnya, dengan pengaturan preload, rebound, dan kompresi sesuai preferensi Anda.

Warna kabel jumpernya juga berbeda-beda. Khusus ZX-25RR menggunakan warna hijau yang senada dengan bodinya. Jangan lupakan komponen penggeser bingkai pelindung yang disertakan dalam paket pembelian Anda.

Jantung mekanisnya mengandalkan mesin berkonfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, 16 katup berkapasitas 249,8 cc.

Lubang mesin x langkah 50,0 x 31,8 mm dan rasio kompresi mesin 11,5:1. Jantung mekanisnya dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan.

Tenaga maksimumnya mencapai 49,5hp pada 15.500rpm dan torsi maksimum mencapai 22,9Nm pada 14.500rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan girboks enam percepatan.

Pabrikan mengklaim kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 187 km/jam. Namun dengan komponen ram air, tenaganya bisa ditingkatkan hingga 1PS. Sistem ini bekerja paling baik saat sepeda mencapai kecepatan 100 km/jam.

Ini memiliki banyak fitur canggih. Lampunya berteknologi LED di bagian depan dan belakang. Kawasaki Traction Control (KTRC) dapat disesuaikan dengan tiga mode berkendara.

Terdapat pilihan mode berkendara, antara lain mode Sport, Road, Rain, dan Rider yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara.

Mode pengendara memungkinkan Anda untuk mengatur tenaga dan KTRC tergantung pada kepribadian individu pengendara dan kondisi jalan yang mereka lalui. Mirip dengan daya, Anda dapat memilih apakah akan menggunakan mode penuh atau rendah.

Mode rendah saja mengurangi tenaga mesin sekitar 35% dibandingkan mode penuh. Berikutnya adalah KQS (Kawasaki Quick Shifter). Tidak hanya dapat menaikkan gigi tetapi juga menurunkan gigi dan mulai bekerja di atas 2.500 rpm.

Berikutnya, pengukur TFT dengan mode sirkuit dan aplikasi Rideology memungkinkan pengendara terhubung secara nirkabel ke sepeda motor mereka. Seri baru Ninja ZX-25R merupakan motor full fairing 250cc pertama di Indonesia dengan pilihan konektivitas.

Anda dapat mengakses banyak fungsi instrumen. Informasi kendaraan (odometer, pengukur bahan bakar, jadwal perawatan, dll) dapat dilihat di smartphone Anda melalui aplikasi bernama “Rideology The App.”

Anda juga dapat melihat riwayat mengemudi Anda, termasuk informasi seperti rute GPS, posisi gigi, dan RPM. Setelah terhubung, notifikasi telepon (panggilan, pesan) akan ditampilkan di panel instrumen.

Pengendara juga dapat mengubah pengaturan tampilan instrumen (unit yang dipilih, pengaturan jam dan tanggal) melalui smartphone mereka.

Berikutnya ada electronic throttle valve (ETV) yang dilengkapi ECU berspesifikasi tinggi. Komponen ini mengontrol jumlah bahan bakar (melalui injektor bahan bakar) dan udara (melalui katup throttle) ke mesin, sehingga memberikan respon mesin yang halus.

Selain itu, pengemudi akan dapat dengan mudah menggunakan semua fitur yang diinstal.

Berikutnya ada immobilizer sebagai standar keselamatan sepeda motor. Bentuk kuncinya tetap ada, tetapi sebuah chip tertanam di dalamnya. Oleh karena itu, jika sepeda Anda dibobol dengan kunci lain, sepeda Anda tidak akan bisa hidup. Ini lebih aman!​

Rangkanya menggunakan teralis dan lengan ayun model banana. Keduanya terbuat dari bahan yang sama, baja berkekuatan tinggi.

Untuk mengurangi kecepatan, dipasang cakram berdiameter besar dan dicengkeram oleh kaliper monoblok yang dipasang secara radial untuk rem depan. Cakram belakangnya juga lebar sehingga performa pengeremannya prima.

Sepeda sport 250cc 4 silinder yang dilengkapi ban radial Dunlop “GPR300” yang dirancang untuk cengkeraman saat berkendara di aspal.

Ini memberikan efek ringan, membuat penanganan lebih lancar. Ukurannya 110/70 untuk depan dan 150/60 untuk belakang.

Sumber:oto.com

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D