dianrakyat.co.id, Jakarta – Hyundai Tucson baru-baru ini menjalani uji tabrak NCAP (New Car Assessment Program) India dan berhasil meraih skor mengesankan. Hyundai Tucson mendapat rating keselamatan tertinggi yakni bintang 5 untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak.
Model Hyundai ini merupakan yang pertama diuji oleh India NCAP. Sekadar informasi, India NCAP merupakan program penilaian keselamatan kendaraan yang dilakukan di India untuk menguji keamanan kendaraan bagi pelanggannya, khususnya dalam hal kecelakaan.
Tucson yang diuji adalah model buatan India untuk pasar lokal. Perlu diketahui, model ini belum termasuk facelift atau versi baru Tucson karena baru diluncurkan di Indonesia (21/11/2024). Jadi hasil tes ini tidak berlaku untuk versi baru.
Secara detail, mobil yang diuji merupakan varian Signature dengan mesin bensin otomatis 2.0 liter yang merupakan varian teratas.
Dari segi keselamatan, Tucson dilengkapi dengan enam airbag, sabuk pengaman tiga titik dengan pengingat untuk semua penumpang, kontrol stabilitas elektronik (ESC) dan jangkar ISOFIX untuk kursi anak belakang.
Selain itu, kendaraan ini memenuhi standar keselamatan pejalan kaki, persyaratan keselamatan AIS-100 dan ESC.
Sementara dari segi fitur, Hyundai Tucson juga dilengkapi dengan hill hold control atau sistem pemantauan tekanan ban (TPMS), kamera belakang dengan sensor parkir depan dan belakang, serta ADAS level untuk mencegah kendaraan terguling di tanjakan. -2 teknologi bantuan pengemudi tingkat lanjut.
Setelah India melakukan tes NCAP, Hyundai Tucson mencetak skor luar biasa sebesar 30,84 dari 32 untuk keselamatan orang dewasa.
Ini menjadikannya posisi tertinggi ketiga dalam tes NCAP India. Skor tersebut tertinggal dari Tata Punch EV (31,46) dan Mahindra Thar Roxx (31,09).
Selanjutnya melihat hasil tersebut terlihat bahwa perlindungan kepala dan leher pengemudi dan penumpang sudah sangat baik, namun perlindungan dada dan kaki pengemudi dinilai cukup baik.
Tucson mencetak skor 14,84 dari 16 pada uji tabrak depan dengan penghalang remuk, serta 16 dari 16 pada uji tabrak samping, yang menunjukkan perlindungan yang sangat baik. Namun, untuk uji tabrak pilar samping, Tucson mendapat nilai “Bagus”.
Sementara itu, Tucson mendapat skor 41 dari 49 untuk keselamatan anak. Mobil mendapat nilai penuh pada uji dinamika (24/24) dan uji pemasangan kursi anak (12/12), namun mendapat nilai 5 dari 13 pada uji evaluasi kendaraan.
Dalam pengujian ini, boneka bayi berusia 18 bulan dan 3 tahun ditempatkan di kursi belakang dengan jangkar ISOFIX dan pijakan kaki terpasang di kursi belakang.
Namun, NCAP India tidak memberikan rincian lengkap mengenai tingkat perlindungan sebenarnya terhadap boneka bayi seperti yang biasanya diberikan oleh NCAP global.