dianrakyat.co.id, Jakarta – Gojek mengaku terus berupaya menghadirkan layanan transportasi yang menunjang berbagai kebutuhan transportasi masyarakat, termasuk libur Idul Fitri. Selain itu, pada masa lebaran kali ini masyarakat Indonesia mempunyai tradisi mudik.
Menurut Head of Transportation and Logistics Gojek, Steven Halim, tradisi mudik saat lebaran menimbulkan kebutuhan akan transportasi first dan last mile. Karena masyarakat membutuhkannya untuk mengakses transportasi umum seperti bandara, stasiun, atau terminal bus.
Bahkan di masa lebaran ini, kata Steven, Gojek berusaha memberikan layanan terbaik dengan berbagai pilihan perjalanan, termasuk penawaran menarik yang dapat dimanfaatkan masyarakat.
Gojek sendiri sudah menjadi bagian integral dari budaya mudik, kata Steven. Hal ini tercermin dari data internal Gojek tahun 2023 yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan perjalanan menjelang Idul Fitri dengan keberangkatan domestik.
Statistik juga menunjukkan hari ke-4 dan ke-3 Idul Fitri merupakan hari-hari puncak perjalanan menuju tujuan mudik. Sedangkan pada arus Bali, H+4 dan H+5 menunjukkan tren penggunaan GoCar yang lebih tinggi.
“Kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan berbagai moda transportasi, penawaran menarik yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian hemat, dan penambahan layanan transportasi umum,” kata Steven.
Salah satu layanan yang siap memenuhi kebutuhan mudik Anda tahun ini adalah GoCar XL. Selain itu, pertumbuhan layanan transportasi Gojek menjadi salah satu komponen yang berkontribusi terhadap peningkatan total pendapatan unit bisnis GoTo atau bisnis on-demand Gojek sebesar 4 persen selama tahun 2023.
Tren tersebut diprediksi akan terjadi dan Kementerian Perhubungan memperkirakan kekuatan pergerakan massal akan mencapai 193,6 juta orang pada Lebaran 2024. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2023, dengan kereta api dan bus diprediksi menjadi moda yang paling banyak digunakan.
Selain layanan GoCar XL, Gojek juga memberikan layanan GoCar Comfort kepada pelanggan yang membutuhkan layanan dengan armada mobil yang lebih baru dan nyaman. GoCar Hemat juga memiliki layanan armada yang hemat.
GoJek juga memberikan diskon GoCar sebesar Rp 200.000 untuk pulang pergi ke seluruh bandara di Indonesia dengan kode GOBANDARA. Promosi ini berlaku mulai 25 Maret hingga 30 April 2024.
Tak hanya itu, GoJek juga memberikan diskon perjalanan eksklusif GoCar hingga 95 persen dari dan ke Hush Station. Pengguna perlu memasukkan kode gohush pada halaman promo aplikasi Gojek.
Selain promo, Gojek juga menyediakan titik penjemputan dan pengantaran yang dapat dipilih pengguna. “Khusus di Stasiun Hush Halim, kami telah menyediakan rest area khusus bagi pelanggan setia GoCar,” tutup Steven.
Selain itu, untuk menjamin keamanan pelanggan, penyedia layanan on-demand Gojek menerapkan keamanan tambahan bagi pelanggan.
Hal ini juga dimulai saat libur menjelang Idul Fitri, saat banyak orang melakukan perjalanan.
Data internal Gojek menunjukkan, pada periode hingga Idul Fitri 2023, tren masyarakat yang menggunakan angkutan umum menggunakan layanan transportasi Gojek akan meningkat hingga 5 kali lipat.
SVP Corporate Affairs Gojek Ruby Purnomo mengatakan, “Keselamatan dan keamanan menjadi prioritas. Pentingnya hal ini ditunjukkan dengan penggunaan teknologi terkini untuk memberikan rasa aman dalam menggunakan sistem Gojek.”
Gojek, kata Ruby, berupaya keras menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan dan edukasi berkelanjutan untuk menciptakan budaya aman di ekosistemnya.
Fitur keamanan Gojek untuk membuat perjalanan pelanggan aman adalah:
1. Bagikan fitur perjalanan
Di awal perjalanan, fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi kepada kerabat atau orang terdekat.
Informasi ini mencakup lokasi penjemputan dan pengantaran, informasi pengemudi dan kendaraan, lokasi perjalanan dan perkiraan waktu perjalanan, serta rute yang dipilih pengemudi untuk perjalanannya.
Selain meningkatkan keamanan dengan membagikan perjalanan kita kepada orang-orang terdekat, fitur ini juga dapat memberikan perkiraan dan waktu perjalanan.
2. Tombol darurat
Jika Anda bepergian dengan Gojek/GoRide dan terjadi keadaan darurat, Gojek membantu pelanggan atau mitra pengemudi dengan tombol darurat.
Unit ini terhubung dengan unit darurat 24 jam yang hadir di berbagai lokasi kerja dan dilatih untuk menanggapi laporan dari sudut pandang korban dan menghubungi pihak berwenang saat menangani keadaan darurat.
Tak hanya itu, tim Gojek Emergency Unit juga menginformasikan kepada ambulans mengenai keadaan darurat yang mungkin terjadi.
3. Tempat penerimaan lamaran yang tepat
Gojek menawarkan ratusan titik penjemputan, ruang tunggu pelanggan, dan shelter mitra di lokasi strategis atau area transportasi umum mulai dari bandara, terminal bus, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu, Gojek juga memastikan seluruh perjalanan GoRide dan GoCar dilindungi asuransi, untuk meminimalisir dampak kecelakaan selama perjalanan.
Selain soal keamanan, GoJek juga memperkenalkan fitur verifikasi wajah untuk mitra pengemudinya dan penyamaran nomor.