0 0
Read Time:3 Minute, 15 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Pekan mode terbesar di Indonesia, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024, digelar pada Rabu, 27 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). Mengusung tema “Jakarta Woven Style”, Asosiasi Perancang Pengusaha Fesyen Indonesia (APPMI) selaku penyelenggara IFW 2024 ingin menampilkan keberagaman budaya Betawi dalam keindahan gambar dan cara pengoperasiannya. 

Chief Executive Officer APPMI Poppy Dharsono mengatakan tahun ini, lebih dari 300 desainer memamerkan koleksi terbaiknya, beberapa di antaranya berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan bersama Thailand. IFW 2024 terinspirasi oleh 400 peserta pameran yang memamerkan fashion dan kerajinan dari berbagai daerah. Ada pula yang menjadi anggota Dekranasda Nasional.

Target pengunjung IFW 2024 pada tanggal 27 hingga 31 Maret 2024 sebanyak 100.000 orang dengan total pendapatan Rp 60 miliar, kata Poppy Dharsono dalam siaran pers yang dimuat grup Lifestyke dianrakyat.co.id, Jumat (28/3/2024). ) . . 

Poppy menambahkan, sebagai organisasi ekosistem fashion terbesar di Indonesia, IFW bertujuan untuk memberikan wadah bagi para pelaku industri fashion di Indonesia. Melalui kolaborasi berbagai pihak, APPMI berharap dapat memberikan dampak besar dan positif bagi seluruh peserta IFW 2024. 

“Kehadiran masing-masing pihak sangat berperan penting dalam mensukseskan pekan desain terbesar di Indonesia ini,” kata Poppy.

Dukungan dari Bagian Tata Usaha dan Perencanaan Pemprov DKI JAKARTA sangat membantu kami dalam konseptualisasi, komunikasi dan implementasi IFW 2024, ujarnya.

 

Salah satu brand yang mengikuti Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 adalah Nawasana. Kini, brand tersebut telah merilis koleksi terbarunya bertajuk “Bwanna” yang mencakup 12 model baru yang dirilis untuk IFW 2024.

Terinspirasi dari penjelajahan sumber lain di Sumba, Bwanna memadukan keindahan berbagai bentuk, corak, dan warna yang diambil dari keindahan sastra Indonesia dalam salah satu peristiwa terpenting khususnya di Indonesia. Permainan motif dan kombinasi warna yang terdapat pada setiap koleksi Bwanna merupakan salah satu cara memadukan motif bunga dan tekstur dalam gaya khas Nawasana.

Warna yang dipilih dimulai dengan warna lembut seperti krem ​​​​yang terinspirasi dari pasir pantai Sumba, sedangkan kombinasi warna gelap seperti hitam dan merah marun berasal dari kawasan pantai dengan bebatuan dan tebing permanen. Sebab, sesuai dengan namanya, Pantai Bwanna di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), terkenal dengan keindahan bebatuan karang yang mengelilingi pantai seperti cincin serta keindahan tebingnya. 

Kali ini pula desainer Ian Adrian menghadirkan karya berjudul “IK” dari bahasa Belanda yang artinya “Aku”. Ia mencoba menjelaskannya dengan Ik atau Ike, kata Belanda untuk Aku

“Koleksinya mencoba menceritakan kisah tentang diri saya ketika kita melihat hidup ini penuh keindahan dengan cara yang berbeda-beda. Ini yang saya jawab dengan senyuman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/3/2024). ). 

Koleksinya sendiri merupakan konsep avant-garde yang kreatif, unik dan eksperimental atau inovatif dalam desain dan teknik produksinya. Penampilan yang kuat dan bebas dipadukan dengan kenyamanan wanita yang cerdas dan sederhana dapat mengekspresikan dirinya dalam kehidupan baru. 

Kain sutera asal Sengkang Sulawesi Selatan, sifon, organza, satin dibuat dengan desain cantik yang didominasi warna seperti putih dan krem. Pernak-pernik unik dan perhiasan perak yang melengkapi setiap tampilan, mulai dari pakaian, perhiasan, tas, dan sepatu, merupakan hasil kerajinan tangan yang menunjukkan ketangguhan bangsa Indonesia. 

IFW 2024 tidak hanya menghadirkan pameran seni rupa, namun juga memadukan platform e-commerce dan digital. Itu sebabnya Tokopedia Fashion Market hadir, menghadirkan 62 merek inovatif ke dalam ekosistem IFW.

“Tokopedia dan TikTok terus memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhannya, termasuk produk fashion, sekaligus memberikan pengalaman luas kepada para pelaku industri teknologi Indonesia hingga menjadi pilihan tepat,” ujar Vivi Kosidin.

Ia mengatakan, Tokopedia Fashion Market di IFW 2024 akan menjadi mall outdoor di Cendrawasih Hall JCC yang menampilkan deretan brand fashion muslim lokal untuk wanita, pria, dan anak-anak. Pengunjung Tokopedia Fashion Market dapat menggunakan fitur “Penjemputan Lokal” melalui aplikasi Tokopedia untuk mendapatkan diskon tambahan dan menerima pembeliannya dengan cepat.

Selain itu, agar lebih terekspos, para pengusaha peserta Tokopedia Fashion Market mendatangkan beberapa YouTuber ternama dari TikTok secara offline untuk melakukan promosi. “Kami juga menyediakan halaman khusus di website dan aplikasi Tokopedia serta Toko | Tokopedia di aplikasi TikTok,” jelasnya. 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D