0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

dianrakyat.co.id, MALANG – Guru Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Mashhood menceritakan perilaku Generasi Z atau Gen Z yang sering menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Faktanya, kata-kata bahasa Inggris seperti Laugh Out Loud (LOL) dan For Your Information (FYI) kini digunakan dalam percakapan sehari-hari.

“Sekarang ini ada perubahan dalam penggunaan bahasa Inggris dibandingkan dulu. Misalnya dulu bahasa Inggris masih sastra dan belajar dari buku. Namun, sekarang apa pun yang ada di media sosial, diserap,” ungkapnya. Mashud, Rabu (8/5/2024).

Mashhood mengatakan, perubahan yang terjadi tidak hanya mencakup penggunaan kata-kata, tetapi juga model komunikasi secara keseluruhan. Dimana Gen Z kini lebih memilih bahasa Inggris untuk mengekspresikan diri, berbicara dan menulis.

Namun, lanjut Mashhood, ada segelintir generasi Z yang hanya menggunakan bahasa Inggris untuk tampil keren di media sosial. Dalam konteks ini, mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai simbol identitas digital yang modern dan modis. 

Mashhood percaya bahwa penggunaan bahasa Inggris secara luas akan bermanfaat bagi Gen Z. Karena akan membuka mereka untuk memasuki lapangan pekerjaan baru. Seperti copywriter, penulis konten, dll.

Namun, kata dia, Gen Z sudah nyaman menggunakan bahasa Inggris, sehingga adanya bahasa daerah. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan bahasa asing tersebut bisa menjadi bahasa kedua bagi Gen Z.

“Peningkatan penggunaan bahasa Inggris dapat menopang kelangsungan bahasa daerah, karena pemahaman dan penggunaan bahasa Inggris di kalangan generasi muda semakin menurun. Cepat atau lambat bahasa-bahasa tersebut akan hilang,” ujarnya.

Namun Masyhad melanjutkan, dalam dunia yang terus berubah yang memerlukan adaptasi terhadap bahasa Inggris. Menurutnya, Gen Z harus bersiap berkomunikasi dalam bahasa Inggris, karena persaingan internasional tidak mengenal batas.

“Oleh karena itu, pergeseran penggunaan bahasa merupakan cerminan dari pergeseran yang lebih besar dalam cara Gen Z berinteraksi dan beradaptasi dengan dunia media sosial yang terus berubah,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D