dianrakyat.co.id, Jakarta – Para ahli menyarankan hal sederhana seperti membersihkan ruangan di sekitar bisa meningkatkan kesehatan mental.
Faith Coleman, seorang dokter keluarga dan jurnalis medis, menulis di StudyFinds.com bahwa meskipun kemacetan mungkin tampak seperti hal kecil, hal ini menghabiskan lebih banyak ruang dalam pikiran Anda daripada yang Anda kira—walaupun hal ini mudah untuk dihindari.
“Ketika kekerasan menang, kewarasan kalah,” tulis Coleman.
Coleman berpendapat bahwa ada banyak dampak penting dari ruangan yang buruk terhadap kesehatan mental, seperti kehilangan ingatan, kebiasaan makan yang buruk, dan berkurangnya pengendalian diri.
Rumah yang buruk juga dapat meningkatkan risiko ketidakstabilan mental, menghambat kreativitas, menurunkan produktivitas, mengurangi energi, serta mengganggu pemikiran dan pengambilan keputusan.
Waktu yang dihabiskan untuk mencari barang yang hilang menghabiskan 5% waktu Anda.
“Berapa lima persen penghasilanmu?” Itu adalah imbalan atas status buruk Anda,” kata Coleman.
Situasi yang sangat membingungkan juga dapat menyebabkan komunikasi atau pemutusan hubungan karena gangguan rangsangan visual apa pun dapat membuat sulit membaca ekspresi dan perasaan orang lain.
Penelitian telah menunjukkan bahwa tempat tinggal kita adalah “rumah emosional” kita—tempat yang nyaman dan aman yang merupakan “perpanjangan identitas Anda, tempat Anda menciptakan hubungan emosional”.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology mengamati faktor-faktor yang dapat mengurangi dan meningkatkan kesejahteraan mental.
Catherine Roster, penulis studi dan profesor di Anderson School of Management di Universitas New Mexico, menemukan bahwa kekacauan dapat mengganggu kesehatan.
Coleman mengutip hal berikut sebagai cara paling ampuh untuk merapikan lingkungan Anda: Organisasi menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. Anda akan melihat perkembangan kebiasaan makan yang sehat, kebalikan dari hubungan antara kekacauan dan kelebihan berat badan, yang akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Ini meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, yang mempersiapkan pikiran untuk melakukan tugas. Ini meningkatkan produktivitas karena bantuan kinerja visual. Memiliki kekacauan membuat Anda takut akan kekacauan yang lebih banyak, sehingga pengorganisasian dapat mengurangi kecemasan. Lingkungan yang terorganisir meningkatkan kualitas tidur. Komunikasi menjadi lebih efektif dan hubungan menjadi lebih baik.