0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Blibli Tiket merupakan ekosistem bisnis dan gaya hidup yang terintegrasi. Ekosistem ini juga mengintegrasikan platform e-commerce dan toko fisik konsumen elektronik (Blibli), platform agen perjalanan online (tiket.com), dan supermarket kelas atas (Farm Market).

Kusumo Martanto, CEO dan co-founder Blibli, memutuskan bahwa dengan kolaborasi dan inovasi ketiga platform ini, berdasarkan riset JakPat, kami akan memperkuat ekosistem terintegrasi dan komprehensif yang siap memenuhi kebutuhan pembayaran hampir 90% masyarakat Indonesia. .

“Kolaborasi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat dinamika jamuan makan ulang tahun bersama, dimana semua menu ada di meja. “Dari belanja sehari-hari, jalan-jalan, gaya hidup, elektronik, mobil, pengeluaran bulanan hingga peralatan rumah tangga, online dan offline tidak ada hambatan, begitu masuk ke ekosistem kita,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Tiket.com George Hendratta menjelaskan terdapat enam integrasi dan inovasi di ekosistem Blibli Tiket. Ia mengatakan salah satu inovasi utama yang diperkenalkan pada tahun 2020 adalah metode pembayaran yang mudah dan terintegrasi di seluruh platform Blibli Tiket PayLater. 

“Saat ini metode pembayaran tersebut menjadi salah satu pilihan utama pelanggan Blibli, tiket.com dan Ranch, dimana konsumen membeli kebutuhannya sekarang dan membayarnya nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Susilo Johartono, CEO Ranch Market, mengatakan sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan untuk memfasilitasi pelanggan dengan memberikan pengalaman unggul sekaligus nilai tambah. 

“Misalnya, ketika mereka perlu membeli produk segar berkualitas tinggi sepulang kerja, pelanggan dapat berbelanja online dengan kemampuan klik dan kumpulkan dan mengambilnya di peternakan atau pasar petani terdekat,” katanya.

Blibli Tiket diperkenalkan pada tahun 2020. Sejak diluncurkan empat tahun lalu, Blibli Tiket telah melakukan berbagai inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2022, Blibli Tiket memperkenalkan Single Sign-On dan Loyalty Membership Party. Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 2023, Blibli Tiket meluncurkan kampanye Blibli Tiket Rewards dan Blibli Tiket.

Sebentar lagi, di tahun 2024 ini, Blibli Tiket juga akan memperkenalkan keanggotaan terpadu yang akan memberikan nilai tambah dan kejutan bagi pelanggan. 

Selama empat tahun kehadirannya di Indonesia, Blibli Tiket memiliki 4,9 juta pengguna dan rata-rata nilai transaksi per pesanan tumbuh sebesar 39% year-on-year (YOY). Selain itu, pada bulan Juni 2024, akan terdapat 185 toko elektronik konsumen, 62 supermarket kelas atas, dan 30 pusat pengalaman Decoruma.

Kusumo menegaskan, berbagai inovasi yang diajukan merupakan awal dari keseluruhan strategi, yaitu ekosistem yang terpadu dan terpadu di seluruh jalan.

“Komitmen kami untuk tetap relevan menjadikan kami pilihan klien dan agensi, dengan basis klien dan agensi yang terus berkembang serta cross-selling antara ketiga platform yang menunjukkan tren positif,” tambahnya.

Kusumo menjelaskan: “Kami percaya jika kita berjalan bersama, kita bisa melampaui apa yang telah kita capai, dan untuk itu kami berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama kami dari tahun ke tahun, dan ini adalah awal dari perjalanan kita bersama.”

Berbagai inovasi dan kombinasi yang diperkenalkan Blibli Tiket berfokus pada pelanggan. Tidak hanya itu, juga memberikan manfaat seperti peningkatan retensi pelanggan dengan menciptakan keuntungan yang berorientasi pada nilai.

Selain itu, inovasi dan kolaborasi bertujuan untuk mencapai tingkat keanggotaan yang lebih tinggi dan mendorong pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem tersebut, termasuk mempromosikan penjualan lintas platform melalui program loyalitas terintegrasi “Blibli Tiket Rewards”.

Inovasi yang diusung Blibli Tiket sudah menunjukkan hasil. Kreasi terbaru Blibli Tiket, Unified Membership, telah memiliki lebih dari 145.000 pengguna pertama atau lebih dari 2.000 pelanggan yang telah upgrade ke status Diamond.

Mereka juga menikmati berbagai keuntungan, antara lain gratis lounge bandara, ditambah gratis ongkos kirim 10x, dan voucher ulang tahun senilai Rp 175.000.

Selain fokus pada pelanggan, inovasi Blibli Tiket juga ditujukan pada kelestarian lingkungan. Melalui inisiatif Blibli Tiket, Blibli Tiket membantu menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan dunia yang lebih berkelanjutan.

Inovasi tersebut juga berfokus pada penggunaan kemasan daur ulang dan berbahan dasar kertas, pengurangan limbah operasional melalui daur ulang, pengurangan emisi sebesar 9,3%, perlindungan keamanan data, dan pengembangan 27 jam kerja pada tahun 2023.

Selain itu, kampanye Blibli Tiket juga membangun hubungan dengan komunitas melalui kampanye tahunan Hari Bumi dan membantu pelanggan, mitra, dan karyawan menjadi lebih kuat.

 

 

(*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D