0 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Dua puluh tahun lalu, tepatnya pada tanggal 31 Maret 2004, Google mengumumkan rencananya untuk meluncurkan layanan email baru bersamaan dengan tanggal 1 April yang disebut April Mop. 

Berkantor pusat di California, AS pada saat itu, ini adalah perusahaan mesin pencari terbesar dan ingin melengkapinya dengan menawarkan layanan email. 

Nah, tahukah Anda, 20 tahun lalu layanan email masih didominasi oleh MSN dibandingkan Hotmail dan Yahoo Mail. 

Pada tanggal 1 April 2004, Hari Google Bodoh, Google secara resmi mengumumkan Gmail melalui siaran pers. Anehnya, siaran pers ini bersifat skeptis dan dirancang sebagai lelucon (karena dirilis bertepatan dengan Hari April Mop). 

Dua puluh tahun kemudian, Gmail telah menjadi layanan email terpopuler di dunia dengan 1,8 miliar pengguna. Angka itu merupakan 22 persen dari jumlah penduduk dunia. 

Dalam meluncurkan produk ini, perusahaan Alphabet menggunakan kombinasi unik antara pemasaran, pendekatan yang berpusat pada pelanggan, dan kemampuannya menjangkau dunia online. 

Kini, cara pengguna menggunakan Gmail telah berubah selama bertahun-tahun, sama seperti Gmail menggunakan informasi pribadi penggunanya.

Dengan munculnya kecerdasan buatan generasi berikutnya, Google Gmail kini dapat menganalisis data dari konten email pengguna untuk menyampaikan kampanye pemasaran yang lebih bertarget ke kotak masuk pengguna dalam bahasa percakapan yang dapat dimengerti.

Sedangkan untuk Gmail, yang dirilis pada tanggal 1 April 2004, Google baru saja memperkenalkan Gmail kepada penguji beta dan pengguna lain melalui paket panggilan. 

Dengan basis pengguna yang cukup besar pada tahun itu, 5,1 juta pengguna, Gmail menjadi layanan email terbesar kedelapan pada akhir tahun 2004. 

Selain itu, Google meluncurkan Gmail untuk masyarakat umum (tanpa undangan) pada Hari Valentine 2007. Artinya, pengguna tidak perlu lagi menunggu undangan untuk menggunakan Gmail. 

Gmail terus berkembang. Layanan Google berada di urutan keempat pada tahun 2010 dengan 207,5 juta pengguna. 

Gmail memenangkan penghargaan untuk layanan email pada tahun 2012 dengan 502 juta pengguna. Bertahun-tahun kemudian, Yahoo Mail dan Hotmail, sekarang Microsoft Outlook, bangkrut. 

 

Sementara itu, ‘April Mop’ diperingati pada tanggal 1 April setiap tahunnya. Pada hari itu, setiap orang diperbolehkan berbohong atau membuat lelucon yang merugikan orang lain.

Dari sekian banyak lelucon, ada yang menjadi sangat populer. Berikut daftar lelucon April Mop paling populer sepanjang masa: 1. Lelucon pasta BBC

Pada tanggal 1 April 1957, program televisi BBC Panorama memuat segmen khusus tentang pemanenan spageti dari pohon di Swiss. Meskipun tidak masuk akal, masyarakat Inggris sangat mempercayai lelucon tersebut. Kisah ini konon menempati urutan teratas dalam daftar komik April Mop sepanjang masa di Museum of Hoax. 2. Pelempar tercepat.

Pada tanggal 1 April 1985, penulis George Plimpton menerbitkan kisah fiksi tentang legenda pemain bisbol tercepat sepanjang masa. Kisah ini diterbitkan di majalah Sports Illustrated.

Plimpton menulis bahwa Siddhartha ‘Sid’ Finch mampu melempar bola dengan kecepatan 270 kilometer per jam. Dalam artikel berjudul “Kasus Penasaran Sid Finch”, sosok Finch mengatakan hal itu benar.

Pada tahun 1996, jaringan makanan cepat saji Taco Bell mengumumkan pembelian Liberty Bell. Liberty Bell adalah lonceng terkenal di Philadelphia, AS.

Sambil bercanda, Taco Bell mengatakan pembelian itu dimaksudkan untuk membantu negara. Alhasil, para senator kebingungan hingga Dinas Taman Nasional menggelar konferensi pers untuk membantah kabar tersebut. Taco Bell akhirnya mengakui bahwa apa yang mereka katakan hanyalah lelucon dan menyumbangkan $50.000 untuk memelihara bel tersebut. 4. Big Ben menjadi digital

Pada tahun 1980, BBC melaporkan bahwa menara observasi Big Ben yang terkenal telah diperbarui ke versi digital. Big Ben adalah lonceng besar yang berada di tengah menara jam di London, Inggris. Lelucon itu diterima dengan baik dan BBC meminta maaf setelahnya. 5. Google Meneguk

Pada tahun 2005, Google berencana meluncurkan minuman mirip minuman baru yang diberi nama Google Gulp. Minuman ini diklaim dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan karena rendah karbohidrat.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D