0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

dianrakyat.co.id Edukasi – Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 dirayakan oleh presiden pertama Indonesia Ir. Sukarno. Hingga saat ini Indonesia telah memasuki tahun kemerdekaannya yang ke-78.

Lalu apa sebenarnya arti kebebasan? Ustaz Abdul Somad baru-baru ini mengunggah video berjudul “Arti Sejati Kemerdekaan” di akun YouTube miliknya @ustazabdulsomadofficial.

Ustaj Somad menjelaskan banyak aspek kemerdekaan Indonesia. Yang pertama adalah bagaimana menghindari campur tangan manusia.

“Campur tangan Inggris, Belanda, dan sekutu. Tidak ada yang boleh ikut campur dalam politik kita. Generasi muda saat ini harus memahami bahwa kita akan memiliki anak atau cucu yang akan mendidik kita di masa depan agar terhindar dari migrasi,” kata Somad.

Kemudian Ustaj Abdul Somad menjelaskan poin kedua bahwa ‘Semandiri apapun kita, kita bebas menentukan nasib masa depan kita’:

“Setelah merdeka kita akan menentukan nasib kita ke depan tanpa Jepang, tanpa Belanda dan tanpa siapapun. Kita akan berkumpul bersama di Binneka Tungal Ika, berkumpul dari berbagai ras dan agama. Tapi kita akan menjadi Indonesia yang satu, dengan bangsa Indonesia yang satu. berbicara satu bahasa Indonesia, satu tanah air, satu Indonesia Bersama-sama kita tentukan arah masa depan kita, kita ingin hidup bersama, kita ingin berkembang.

Selanjutnya Ustaj Somad memaparkan poin ketiga mengenai makna kebebasan, yaitu ‘merdeka dari kemiskinan’:

“Kita bahas biaya masuk pesantren kalau satu anak mengeluarkan Rp 1,2 juta untuk masuk pesantren untuk belajar ibadah, agama, dan sebagainya. Kalau dua anak, dua kali lipat. Jadi siapa lagi yang membiayai pesantren ini. kalau bukan orang tua siswa “Sekali lagi, kemiskinan dekat dengan ketidakpercayaan. Karena tidak bisa menyekolahkan anak ke pesantren,” lanjut Somad menjelaskan.

Dua aspek terakhir yang dijelaskan oleh Ustaj Abdul Somad adalah pembebasan dari kebodohan dan pembebasan dari nafsu.

“Jadi kalau nafsu, keserakahan, keserakahan bisa kita kendalikan dan bisa berbagi, itu bagus. Karena kolonialisme yang paling buruk adalah kolonialisme nafsu. Dimana ada sifat setannya, lihat saja, kalau keinginannya sudah terpenuhi, pura-pura saja. : PUBG Mobile Indonesia rayakan kemerdekaan, game esports PUBG Mobile bernama Jazalin Indonesia dianrakyat.co.id.co.id rayakan kemerdekaan Indonesia dengan meluncurkan in-game event pada 4 Agustus 2024.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D