0 0
Read Time:2 Minute, 12 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menutup Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Rapat Umum Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Selasa (11/6). Dalam rapat tersebut, pemegang saham GOTO menyetujui agenda rapat.

Persetujuan yang diterima antara lain rencana pembelian kembali saham (share buyback) perseroan, serta beberapa perubahan susunan direksi dan dewan direksi perseroan. “Kami berterima kasih kepada pemegang saham atas dukungan dan persetujuannya terhadap seluruh rencana yang diusulkan dalam rapat umum dan RUPSLB,” kata Patrick dalam keterangannya, Selasa (6/11/2024. Manajemen Perubahan).

Selain itu, melalui RUPSLB, pemegang saham independen Perseroan telah menyetujui penunjukan Patrick Sugito Walujo, Presiden dan CEO Perseroan, sebagai calon pemegang saham Seri B Perseroan.

Sebagai investor pertama perusahaan, Patrick memberikan wawasan sebagai pemegang saham mengenai desain pedoman strategis perusahaan dan memainkan peran utama dalam manajemen GoTo.

Selain itu, perseroan juga belum berencana menerbitkan saham B baru. Dengan demikian tidak terjadi dilusi kepemilikan pemegang saham yang ada.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka pengalihan kepemilikan saham dengan hak suara terbanyak (SHSM) hanya dapat terjadi kepada pihak-pihak yang telah dikukuhkan sebagai pemegang saham yang mempunyai hak beberapa suara.

Sesuai Peraturan OJK Nomor 22 Tahun 2021, penerapan sistem SHSM atau sistem multiple voting stock (MVS) bertujuan untuk melindungi visi dan misi perusahaan yang didirikan oleh para pendiri untuk melanjutkan tujuan dan perkembangan bisnisnya.

Perubahan Pengurus Sehubungan dengan pengendalian dan kepengurusan perseroan, para pemegang saham telah memutuskan untuk melakukan beberapa kali perubahan susunan pengurus dan pengurus perseroan.

Termasuk pemberhentian masa jabatan anggota dewan dan anggota dewan, serta pengunduran diri salah satu anggota dewan.

 

Dengan demikian, struktur tata kelola GOTO adalah sebagai berikut: Komisaris Komisaris Utama: Agus D. W. Martowardojo Komisaris: Garibaldi Thohir Komisaris: Winato Kartono Komisaris: Wishnutama Kusubandio Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe Komisaris Independen: Marjorie Laos Komisaris Independen: John A. Prasetio.

 

 

Agus D. W. Martowardojo, Komisaris Utama GoTo, mengatakan selama tahun 2023, GoTo telah melakukan perubahan signifikan untuk mempersiapkan landasan yang kokoh bagi pengembangan bisnis jangka panjang, berkelanjutan, dan menguntungkan.

Upaya-upaya ini, dikombinasikan dengan pengendalian biaya yang disiplin, menghasilkan pertumbuhan bisnis yang sehat dan berkualitas tinggi, memungkinkan GoTo mencapai EBITDA positif yang disesuaikan pada kuartal keempat tahun 2023, melebihi target perusahaan.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada unit bisnis casualty services (ODS) atas kinerja luar biasa dalam mempertahankan EBITDA sebelum pengeluaran perusahaan yang disesuaikan secara positif hingga tahun 2023,” tambahnya.

Agus mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dewan Komisaris dan Dewan Komisaris atas upayanya dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan, masukan dan kerja kerasnya dalam mengembangkan bisnis GoTo hingga saat ini.

“Saya yakin direksi dan komisaris akan bersinergi untuk semakin memantapkan kiprah GoTo sebagai perusahaan teknologi terkemuka hasil karya anak bangsa yang memperjuangkan pembangunan Indonesia,” ujarnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D