0 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

Banda Aceh – Aceh Ramadan Festival 2024 tak hanya menghadirkan nuansa bulan Ramadhan di Beranda Kota Makkah, namun juga menampilkan kuliner tradisional asal negeri Renkong sebagai menu berbuka puasa.

Selain itu, di lokasi tersebut terdapat ruang untuk Ngabuburit yakni di halaman Masjid Agung Baiturrahman dan di area eks Hotel Aceh yang letaknya berdekatan.

Pengawasan dianrakyat.co.id, Sejak dibuka pada Jumat 29 Maret 2024, inisiatif ini telah diikuti sekitar 100 pelaku UMKM. Mereka diberi lapak di depan Masjid Raya Baiturrahman dan di depan halaman eks Hotel Aceh.

Pemerintah setempat juga menutup jalan depan Masjid Raya Baiturrahman dan menjadikannya Pasar Takjeel. Di sini Anda bisa menemukan Kanji Rumbi, Pulut Bakar, Mie Kaluk, On Pyugaga, Nikah Aceh dan masih banyak makanan tradisional Aceh lainnya.

Sementara bagi warga yang menunggu waktu berbuka puasa, panitia menyediakan permainan tradisional di halaman Masjid Raya Baiturrahman yang dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Mainannya adalah Kongklak, Tengklak, Bakiak, Englek, Panggung dan berbagai permainan rakyat lainnya. Disediakan juga aula berukuran 1,5 meter untuk permainan kangklak agar para tamu tidak terkena sinar matahari.

Kemudian pengunjung dapat merasakan puasa bersama dalam suasana festival tradisional Aceh seperti Kanji Kenduri, Pyutmat Daroh Kenduri (Khatam al-Quran) dan Ramadan Kenduri.

Lalu ada kenangan khas Aceh “Dalael Khairat”, bersuka ria dan merasakan perjalanan spiritual, dengan kunjungan para muazin, imam, ustad dan ulama diagendakan untuk mengisi ibadah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

Pj Sekretaris Daerah Aceh Azvardi mengatakan, tema utama Festival Ramadhan Aceh tahun ini adalah perjalanan spiritual menuju Serambi Mekkah.

Lebih lanjut, kata dia, program tersebut telah memasuki tahun ke-6 pelaksanaannya, semakin memperkuat identitasnya sebagai program khas daerah Aceh, salah satu destinasi wisata halal unggulan Indonesia.

“Program ini juga menawarkan pengalaman Ramadhan yang penuh dengan perjalanan spiritual yang mendalami tradisi dan budaya Aceh,” kata Azvardi.

Acara juga akan ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sabab, Festival Ramadhan Aceh 2024 termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Resmi segera berakhir, jumlah pengunjung GIIAS 2024 sedikit meningkat. dianrakyat.co.id.co.id 28 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D