0 0
Read Time:3 Minute, 51 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Apple meluncurkan iPad Pro dan iPad Air di acara Let Loose pekan lalu. Kedua produk tersebut hadir dalam dua ukuran berbeda, 11 inci dan 13 inci.

Dalam acara yang digelar pada 7 Mei 2024, Apple membandingkan performa iPad Pro dengan prosesor M2 dan iPad Pro terbaru menggunakan chip M4.

Seperti yang terlihat, performa M4 yang digunakan di iPad Pro 2024 menunjukkan beberapa peningkatan dibandingkan pendahulunya.

Klaim Apple dikonfirmasi oleh tes benchmark Geekbench oleh pengguna X/Twitter.

Dikutip Gizmochina (14-14-2024) iPad Pro 2024 mencetak skor 3.767 untuk single-core dan 14.677 untuk multi-core. Hasil ini mendukung klaim Apple bahwa chip M4 di iPad Pro terbaru 1,5 kali lebih cepat dibandingkan iPad Pro sebelumnya yang menggunakan chip M2.

Keputusan Apple untuk menggunakan chip M4 langsung di iPad Pro dibandingkan menggunakan chip M3 yang digunakan di MacBook Pro dinilai berani. Padahal, jarak peluncuran M3 dan M4 hanya sekitar tujuh bulan.

Namun menurut hasil Geekbench, Apple M4 mengungguli chip M3 di MacBook Pro sebesar 25 persen.

IPad Pro M4 baru 22% lebih cepat dalam performa single-core dan 25% lebih cepat dalam performa multi-core dibandingkan pendahulunya. Hal ini membuat M4 di iPad Pro lebih cepat dibandingkan chip M3 di MacBook Pro.

Perlu dicatat bahwa pengujian Geekbench menggunakan chip M4 10-core. Sebagai informasi, Apple menghadirkan chip M4 dalam dua konfigurasi berbeda.

IPad Pro versi 256 GB dan 512 GB memiliki 9 core dengan 3 core performa, sedangkan versi 1 TB dan 2 TB memiliki 10 core dengan 4 core performa.

 

Apple mengumumkan iPad Pro 2024 pada Selasa malam, 7 Mei 2024 saat siaran langsung bertajuk “Let Loose”.

IPad Pro 2024, seperti iPad Air 2024, memiliki dua layar: 11 inci dan 13 inci. Berbeda dengan generasi sebelumnya, tablet baru Apple ini memiliki desain yang lebih inovatif.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini telah menyertakan perangkat keras terbaik dan peningkatan besar pada panel layar kedua di iPad Pro versi 2024.

“Hari ini kami mengambil satu langkah lebih jauh dengan iPad Pro yang baru, sangat tipis dan ringan, peningkatan terbesar pada iPad Pro yang pernah ada,” kata John Ternus, wakil presiden senior bidang teknik perangkat keras Apple.

Lantas apa saja spesifikasi dan harga iPad Pro 2024? Lihat semua detailnya di bawah ini.

Rumornya, Apple menyebut layar OLED pada dua tablet barunya sebagai Ultra Retina XRD Display.

Peningkatan tampilan ini sangat besar, dan pada seri iPad Pro sebelumnya, raksasa teknologi ini hanya menggunakan panel miniLED.

Berbekal panel baru ini, Apple mengklaim layar iPad Pro baru akan menampilkan warna hitam lebih pekat, saturasi lebih banyak, dan kontras lebih baik.

Layar tablet baru Apple digambarkan sebagai panel OLED tandem yang mampu menghasilkan kecerahan 1000 nits dan kecerahan 1600 nits saat menampilkan konten HDR.

Menariknya, perusahaan tidak menggunakan chipset M3 di lini baru iPad Pro ini. Sebagai gantinya, Apple memasang chip M4 yang diklaim 50 persen lebih cepat dibandingkan M2.

Namun mengutip Android Authority per Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core pada iPad Pro 2024 hanya tersedia di iPad Pro versi 1TB dan 2TB.

Sementara itu, standar 256GB dan 512GB serta CPU 5-core membuat Apple M4 bekerja dengan tiga chip performa dan enam efisiensi.

Seperti yang dijelaskan Apple, chipset M4 didasarkan pada arsitektur GPU M3 dan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, mulai dari cache dinamis hingga ray tracing.

Apple M4 juga menjalankan GPU 10-core dengan arsitektur yang sama dengan chip M3. Perbedaan GPU ini dengan pendahulunya adalah penggunaan teknologi terbaru Dynamic Cache yang diklaim Apple dapat meningkatkan performa grafis saat bermain game seperti game konsol.

Dan tidak hanya itu, perusahaan membekali chip M4 dengan mesin saraf tercanggih. Apple mengklaim NPU mampu melakukan 38 triliun operasi per detik.

 

Di sisi lain, iklan iPad Pro terbaru Apple mendapat kecaman dari banyak pihak, terutama dari komunitas kreatif.

Untuk konteksnya, Apple meluncurkan iPad Pro terbaru dengan chipset M4, produk tertipis perusahaan.

Sebagai cara untuk mempromosikan berbagai hal kreatif yang dapat dilakukan iPad Pro terbaru, Apple menyebut iklan “Crush!” Berbagai benda seperti piano, cat, dan gramofon diperlihatkan sedang diratakan dengan alat press hidrolik.

Saat iPad Pro terjual habis, mesin hidrolik kembali terbuka, hanya menyisakan tablet terbaru perusahaan. Sontak saja iklan iPad Pro 2024 mendapat kecaman dari berbagai pihak.

Wakil presiden pemasaran Apple, Thor Meehren, mengeluarkan pernyataan setelah menyadari iklan tersebut menjadi bahan pembicaraan.                                  20.10.2024. dia berkata “meleset dari sasaran”.

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan orang-orang kreatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.

“Tujuan kami adalah untuk merayakan berbagai cara konsumen dapat mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka.” Kami meleset dari sasaran dengan video ini, jadi kami minta maaf.”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D