0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

Jakarta – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta) sukses menyita perhatian dunia dengan menduduki peringkat 101-140 dunia dalam QS World University Rankings (WUR) 2024 kategori Theology, Divinity, dan Religious Studies.

Prestasi ini menempatkan UIN Jakarta sebagai satu-satunya Universitas Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang masuk dalam QS World University Rankings 2024.

Data yang dirilis QS World University Rankings by subject tahun 2024: Theology, Divinity and Religious Studies dan tiba pada Senin (15/4/2024) menyebutkan pemeringkatan 101-140 pada masing-masing mata pelajaran didasarkan pada empat indikator. Keempatnya adalah Catatan Akademik (52.9), Transkrip (89.3), Catatan Pemberi Kerja (48) dan Transkrip H-Index (74.7).

Dengan pemeringkatan tersebut, UIN Jakarta kini dibandingkan dengan banyak universitas terbaik dunia dari berbagai kawasan, seperti University of Freiburg, Jerman, Cornell University, Goethe University Frankfurt am Main, Seoul National University, dan University of Leipzig. Berbagai universitas ini dikenal memiliki tradisi akademik yang stabil sejak awal berdirinya.

Universitas Freiburg, Jerman, misalnya, telah menjadi salah satu dari 10 universitas terbaik di Jerman sejak didirikan pada tahun 1457. Demikian pula dengan Universitas Goethe di Frankfurt yang didirikan pada tahun 1914 dan didirikan atas dasar gagasan Pencerahan dan Perlawanan Eropa. rasisme. Demikian pula dengan Cornell University yang telah membangun tradisi akademisnya sejak didirikan pada tahun 1865 di Ithaca, New York, AS.

Di dalam negeri, hanya Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Indonesia (UI) yang menyamai UIN Jakarta dalam daftar ini, masing-masing menduduki peringkat 61 dan 130 dunia. Saat ini UIN Jakarta berada di peringkat 122 dan menjadi satu-satunya PTKIN yang masuk dalam daftar tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pihak administrasi dan kemahasiswaan UIN Jakarta mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas segala upaya untuk mencapai berbagai aspek yang menjadi ciri khas tersebut.

“Alhamdulillah, pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masuk dalam QS World University Rankings 2024 untuk kajian Teologi, Ketuhanan dan Kajian Keagamaan,” ujar Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepuddin Jahar dalam keterangan resminya, Selasa (16/4/2024).

Rektor Asep Jahar juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Kementerian Agama RI yang telah UIN Jakarta mewakili kelompok PTKIN dalam daftar tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D