0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

JAKARTA – Inilah 5 perguruan tinggi yang disebut-sebut tersulit di Indonesia namun sangat menarik. Memilih perguruan tinggi merupakan salah satu tahapan terpenting sebelum seseorang melanjutkan studi ke universitas.

Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dari sekian banyak jurusan, ada 5 jurusan yang disebut-sebut paling sulit dalam pendidikan tinggi di Indonesia namun banyak diminati karena dinilai memiliki peluang kerja yang menjanjikan. Apa spesialisasinya? Dikutip dari website akupintar, artikel kali ini akan membahasnya, check it out!

5 perguruan tinggi tersulit di Indonesia tapi prospeknya menjanjikan

1. Kedokteran

Bukan rahasia lagi kalau profesi dokter dikenal sebagai profesi yang paling sulit untuk dimasuki dan lulus. Kedokteran dikatakan sulit karena mahasiswa senior akan belajar tentang biokimia, fisiologi, anatomi, farmakologi, patologi dan psikiatri. Meski demikian, bidang kesehatan masih menjadi salah satu yang diminati dan banyak peminatnya.

2. Rekayasa Teknologi Informasi

Masuk ke bidang teknik informasi, apalagi di universitas bergengsi, memang membutuhkan kerja keras. Di departemen ini mahasiswa akan mempelajari analisis matematika dan ilmu komputer untuk merancang, mengembangkan, menguji, mengoperasikan, mengevaluasi perangkat lunak dan mengoperasikan komputer.

3. Insinyur sipil

Selain IT, teknik sipil juga salah satu yang tersulit namun banyak peminatnya. Mahasiswa teknik sipil akan belajar banyak karena cakupan ilmu teknik sipil sangat luas.

4. Konstruksi

Konstruksi termasuk yang paling rumit dan sering disebut sebagai “kembaran” teknik sipil. Selain belajar tentang desain arsitektur, jurusan Arsitektur juga akan belajar bagaimana menuangkan pemikiran, ide, dan desainnya ke dalam kertas.

5. Insinyur Listrik

Meski tidak sesulit bidang teknik lainnya, namun mempelajari teknik elektro tidak bisa dikatakan mudah. Teknik Elektro juga dikenal sebagai Mother of Engineering Sciences, sehingga tak heran jika Jurusan ini masuk dalam 10 Universitas tersulit untuk diselesaikan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D