0 0
Read Time:3 Minute, 24 Second

JAKARTA – Berikut 4 hal yang patut diperhatikan saat mendaftar UTBK-SNBT 2024. Pendaftaran Ujian Tulis Komputer Berbasis Tim Nasional (UTBK SNBT) masih bisa dilakukan hingga 5 April 2024. Bagi siswa yang tidak lulus Pada Seleksi Berbasis Prestasi Nasional (SNBP) 2024, Anda bisa mencoba peruntungan dengan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan mendaftar jalur UTBK SNBT 2024.

Namun sebelum mendaftar UTBK-SNBT 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pendaftaran berjalan lancar dan terhindar dari kendala. Artikel kali ini akan membahas 4 hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar UTBK-SNBT 2024. Simak!

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mendaftar UTBK SNBT 2024

1. Perhatikan jadwalnya

Calon mahasiswa diimbau untuk selalu memperhatikan tanggal penting pelaksanaan UTBK SNBT 2024 yang akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung pada tanggal 2 April dan 2-7 Mei 2024, sedangkan gelombang kedua akan berlangsung pada tanggal 14-20 Mei 2024. Sedangkan pendaftaran UTBK SBNT 2024 akan ditutup mulai tanggal 5 Mei 2024 pukul 15.00. pm.

2. Unggah dompet baru

Peserta yang sudah mengikuti SNBP dapat mengunggah portofolio yang sama, namun tetap disarankan menggunakan portofolio baru.

3. Siapapun yang lolos UTBK SNBT tidak dapat mengikuti seleksi mandiri.

Selain itu, dalam pelaksanaan UTBK SNBT 2024 terdapat ketentuan baru, yaitu mahasiswa yang lulus SNBT dan mendaftar ulang tidak dapat mengikuti seleksi mandiri mata kuliah ke perguruan tinggi negeri.

4. Materi UTBK SNBT 2024

Tidak hanya pada proses SNPMB, terjadi pula perubahan pada materi UTBK yang mencakup tiga jenis materi antara lain Tes Potensi Akademik (TPS), penalaran matematis, dan kemampuan berbahasa.

Cara Daftar UTBK-SNBT 2024

1. Masuk ke portal SNPMB

Pada saat mendaftar UTBK SNBT 2024, calon mahasiswa harus login terlebih dahulu ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dengan alamat email dan password yang telah didaftarkan pada akun SNPMB.

2. Masukkan informasi pribadi Anda

• Buka https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan login

• Pilih menu “Pendaftaran UTBK-SNBT”.

• Isikan beberapa detail yang diperlukan seperti informasi pribadi, informasi orang tua, alamat dan lain-lain.

• Pastikan informasi telah dimasukkan dengan benar lalu pilih menu Simpan dan Lanjutkan.

• Konfirmasi akhir untuk melengkapi data pribadi dengan mengklik “Verifikasi pernyataan” dan “Simpan data pribadi permanen”

• Terdapat instruksi pengendalian akhir; Calon siswa dapat mengklik “Ya, simpan secara permanen!”

3. Pilih program studi

Memilih program studi (kekhususan) Saat mendaftar UTBK SNBT 2024, Anda dapat memilih maksimal 4 program, terdiri dari 2 program akademik (Sarjana) dan 2 program profesi (Diploma Tiga). Silakan periksa kembali pilihan kursus Anda dan periksa sertifikat kelayakan untuk biaya sekolah. Kemudian klik “Simpan dan lanjutkan.”

4. Unggah portofolio

Unggah Portofolio Calon mahasiswa yang memilih jurusan pendidikan jasmani dan seni wajib menyerahkan portofolio.

Anda dapat menggunakan dompet Anda dengan mendaftar di SNBP dan cukup mengklik tombol “Lanjutkan”. Bagi yang belum mendaftar SNBP 2024, calon siswa dapat memilih menu “Portofolio SNBT”. Anda akan diarahkan untuk mengunggah file.

Memperhatikan dokumen, jenis dan ukuran maksimal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Pilih pusat UTBK

Setelah portofolio diunggah atau tidak, Anda dapat mengklik menu “Pilih Pusat UTBK”. Selain 74 pusat UTBK, pelaksanaan UTBK SNBT 2024 juga saat ini menyediakan subpusat UTBK 2024 yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

Silakan periksa kembali informasi diri Anda, nama, tanggal lahir, sekolah, NISN, NPSN, status KIP universitas dan status berkebutuhan khusus. Pada bagian Pusat UTBK, pilih lokasi sesuai daftar pilihan yang tersedia. Pastikan pilihannya benar lalu klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”.

6. Konfirmasi akhir

Lakukan Konfirmasi Akhir Setelah memastikan semua informasi pribadi peserta telah dimasukkan dengan benar, Anda dapat melakukan konfirmasi akhir. Kemudian klik menu “Simpan Pusat UTBK Permanen”.

Peringatan konfirmasi terakhir akan muncul. Anda dapat memilih opsi “Ya, simpan secara permanen!”. Baca Juga: Berapa Lama Pendaftaran Universitas SNBT KIP 2024?

7. Pembayaran UTBK SNBT 2024

Berbeda dengan SNBP 2024, calon peserta didik yang mendaftar UTBK SNBT 2024 harus membayar biaya pendaftaran UTBK SNBT 2024 sebesar Rp 200.000. Anda dapat memilih menu “Download Payroll”.

Dan segera bayar menggunakan kode dan jangka waktu yang ditentukan. Setelah pembayaran anda dapat memilih menu “Dapatkan kartu peserta”.

Jangan lupa untuk mendownload dan mencetak peta setelah mengisi semua kolom pada saat mendaftar UTBK SNBT 2024. Saat mengikuti UTBK SNBT 2024, Anda harus membawa kartu peserta UTBK SNBT 2024 ini.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D