0 0
Read Time:1 Minute, 25 Second

dianrakyat.co.id, JAKARTA – Pengetahuan dan jenjang untuk menjadi seorang wirausaha tidak ada batasnya. Hampir semua bidang ilmu dan jenjang pendidikan dapat dimanfaatkan untuk menjadi seorang wirausaha. Termasuk mahasiswa IT. Mahasiswa IT jelas memiliki keunggulan dalam menjalankan bisnis karena memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi yang merupakan bidang yang sedang berkembang.

Mahasiswa IT Kampus Bisnis Digital Universitas Nusa Mandiri (UNM) yang ingin memulai bisnis, berikut rekomendasi Nusa Mandiri Entrepreneur Center (NEC) yang bisa dicoba:

1. Konsultan TI

Mahasiswa IT pasti mempunyai pengetahuan dan pengalaman IT yang lebih banyak, mereka dapat memberikan saran kepada perusahaan atau individu tentang cara mengoptimalkan infrastruktur IT (teknologi informasi) mereka, seperti analisis kebutuhan, merancang solusi yang tepat dan menerapkan teknologi yang tepat.

2. Pendidikan daring

Berbekal keterampilan TI, siswa dapat membuat konten pendidikan seperti tutorial, kursus atau webinar tentang topik TI tertentu dan menjualnya kepada masyarakat pembelajar online dengan menyiapkan materi terstruktur dan menggunakan platform pembelajaran online.

3. Jasa Pembuatan Website

Dengan pengetahuan tentang pengembangan web, siswa dapat memberikan layanan pengembangan web kepada berbagai klien, dari usaha kecil hingga organisasi besar. membuat situs web yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan menggunakan berbagai platform dan bahasa pemrograman.

4. Layanan pengelolaan media sosial

Banyak bisnis memerlukan bantuan untuk mengelola dan memperbarui akun media sosial mereka secara rutin. Siswa dapat memberikan layanan manajemen media sosial untuk membantu mereka memperluas jangkauan online mereka, seperti membuat dan menjadwalkan postingan, berinteraksi dengan pengikut, dan menganalisis kinerja platform media sosial. 

Menurut Maruloh, direktur NEC, dengan mempertimbangkan keterampilan, minat, dan tujuan mahasiswa ilmu TI, mereka dapat memilih satu atau lebih rekomendasi di atas untuk memulai bisnis.

“Menjadi wirausaha tidak harus selalu bermula dari program wirausaha, namun dari sikap dan minat yang berkomitmen, berani mencoba dan ingin menjadi wirausaha sukses,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D