0 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Timnas Jerman berhasil mengawali Euro 2024 dengan penuh gaya usai merayakan gol 5-1 atas Skotlandia pada laga pembuka yang digelar di Stadion Allianz Arena, Sabtu (15/6/2024). Gol Jerman dicetak oleh Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicklas Fulkrug, dan Emre Can.

Jerman gagal mencatatkan clean sheet karena Antonio Rudiger mencetak gol bunuh diri. Dengan kemenangan ini, Jerman kokoh di puncak klasemen Grup A Euro 2024 dengan 3 poin. Sedangkan Skotlandia saat ini berada di posisi terbawah dengan nol poin.

Pada menit ke-1, Florian Witz mendapat peluang setelah menerima umpan Antonio Rudiger. Namun, tendangannya juga bisa diblok kiper asal Skotlandia.

Jerman akhirnya berhasil membobol gawang Skotlandia pada menit ke-10 lewat Florian Witz. Ia membuat skor menjadi 1-0 untuk Jerman lewat penyelamatan Joshua Kimmich.

Hingga menit ke-17, Jerman tampil mendominasi. Skotlandia bertahan lebih lama dan nyaris tidak punya peluang.

Jerman menambah gol pada menit ke-19. Kali ini giliran Jamal Musala yang membuat skor menjadi 2-0 untuk Jerman lewat umpan Kai Havertz.

Tragedi menimpa Skotlandia pada menit ke-24. Christie menjatuhkan Jamal Musiala di kotak penalti, namun Clement Turpin akhirnya menghadiahkannya tendangan bebas di luar kotak penalti. Tendangan bebas Kai Havertz langsung mengarah ke gubernur Skotlandia.

Para suporter sudah bersorak saat Kai Havertz mencetak gol untuk Skotlandia pada menit ke-32. Tapi dia menangkap bola dengan tangannya.

Joshua Kimmich menciptakan peluang melalui umpan kepada Ilkay Gundogan. Namun sundulannya berhasil diselamatkan oleh Angus Gunn. Usai sundulan, bola kembali ke Gundogan, namun berhasil dihadang oleh pemain Skotlandia Porteous.

Setelah ditinjau VAR, Jerman mendapat hadiah penalti dan Porteous mendapat kartu merah. Kai Havertz mengubah skor menjadi 3-0 setelah penaltinya berhasil berhasil pada menit ke-45+2.

Hingga babak pertama berakhir, skor 3-0 untuk timnas Jerman atas Skotlandia. Bagaimana performa Skotlandia di babak kedua dengan 10 pemain?

 

Dengan 10 pemain, Skotlandia mencoba mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Namun Jerman mendapat peluang pada menit ke-51 melalui Antonio Rudiger, namun tendangannya berhasil diselamatkan.

Skotlandia mengeluarkan striker Che Adam dan mendatangkan bek Grant Hanley. Diperkirakan akan kehilangan seorang bek akibat kartu merah Ryan Porteous.

Pada menit ke-58, Florian Wirtz nyaris menambah gol. Namun tendangannya usai menerima umpan Jamal Musiala masih menemui sasaran.

Jerman membuang peluang pada menit ke-64. Lewat serangan cepat, Leroy Sane yang baru masuk gagal memanfaatkan umpan Kimmich. Skor tetap bertahan 3-0.

Nicklas Fulkrug yang baru masuk membuat skor menjadi 4-0 pada menit ke-68. Pemain Borussia Dortmund itu menahan bola di kotak penalti dan dengan mudah menempatkan bola ke pojok kanan gawang Skotlandia.

Fulkrug mencetak gol kedua pada menit ke-76. Namun, ia terjebak offside saat memanfaatkan umpan Mittelstadt. Skor 4-0 untuk Jerman. Skotlandia mendapat gol hiburan pada menit ke-87 setelah Antonio Rudiger mencetak gol bunuh diri. Gol ini tercipta di tengah kemelut akibat tendangan bebas Skotlandia dan skor berubah menjadi 4-1.

Emre Can kembali membuat suporter Jerman bersorak setelah tembakan jarak jauhnya pada menit 90+4 membuahkan gol. Ini mengubah skor menjadi 5-1.

Jerman masih memimpin 5-1 hingga pertandingan berakhir. Der Panzer mendominasi segalanya dan tidak memberikan keuntungan sedikit pun bagi Skotlandia.

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Kimmich, Rudiger, Tah, Mittelstadt; Toni Kroos, Andrich; Jamal Musala, Ilkay Gundogan, Florian Witz; Havertz

Skotlandia (3-4-2-1): A Gunn; R Porteous, J Hendry, K Tierney; Raiston, McTominay, MacGregor, Andrew Robertson; R Christie, J McGinn; Hai Adams

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D