0 0
Read Time:2 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Telur ayam sudah menjadi makanan yang lumrah disantap masyarakat. Sayangnya, sumber makanan ini diyakini tinggi kolesterol, terutama pada bagian kuning telurnya.

Mengonsumsi telur utuh baik untuk tubuh karena telur mengandung beberapa nutrisi penting. Ini mengandung protein, vitamin B12 dan kolin.

Namun satu butir telur berukuran besar juga mengandung 207 miligram kolesterol. Jumlah tersebut hampir dua pertiga dari batas harian yang direkomendasikan oleh American Heart Association.

Pedoman baru ini merekomendasikan menjaga asupan kolesterol serendah mungkin tanpa mengurangi kecukupan nutrisi dalam makanan.

Kolesterol, yang ditemukan dalam makanan seperti telur, pernah menjadi nutrisi yang dikaitkan dengan penyakit jantung, menurut Verwell Health.

Namun, Laporan Ilmiah tentang Kolesterol, Diet, dan Risiko Kardiovaskular American Heart Association tahun 2019 menemukan bahwa penelitian tidak mendukung hubungan antara kolesterol makanan dan risiko kardiovaskular.

Di sisi lain, pola makan yang menyehatkan jantung bisa mencakup telur.

Temuan ini didukung oleh analisis tahun 2020 dari Harvard School of Public Health.

Secara khusus, data ini menilai hubungan antara konsumsi telur dan penyakit kardiovaskular pada pria dan wanita AS.

Setelah 32 tahun masa tindak lanjut, para peneliti menemukan bahwa makan setidaknya satu butir telur sehari tidak berhubungan dengan penyakit kardiovaskular, gaya hidup, dan faktor pola makan.

Analisis lebih lanjut, meta-analisis, menunjukkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah sedang (satu porsi per hari) tidak berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Hal ini berpotensi mengurangi penyakit kardiovaskular pada populasi Asia. 

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Family Practice menyatakan bahwa studi klinis tidak menemukan hubungan antara konsumsi telur dan peningkatan penyakit jantung.

Temuan paling pasti adalah pada tahun 2019, American Heart Association mengatakan telur dapat dimasukkan dalam makanan jantung sehat untuk orang dewasa yang sehat.

Pedoman organisasi tersebut menyatakan: Orang sehat dapat memasukkan telur utuh setiap hari ke dalam pola makan yang menyehatkan jantung. Mengingat manfaat nutrisi telur bagi orang dewasa yang sehat, dua butir telur per hari direkomendasikan sebagai bagian dari pola makan yang menyehatkan jantung. Meskipun American Heart Association merekomendasikan untuk menghindari kolesterol dalam makanan, lebih banyak penelitian menunjukkan bahwa telur harus dimasukkan dalam makanan yang menyehatkan jantung. Bahkan pada orang yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular. 

 

Makan telur diyakini tidak menyebabkan masalah jantung. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memastikan telur tetap aman.

Salah satunya adalah menghindari makan telur bercampur daging berlemak.

Meski kombinasi ini memang nikmat, namun mengonsumsi daging dan telur berlemak sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans dalam darah yang merupakan sumber kolesterol akan meningkatkan kolesterol, dikutip Verwell Health pada Minggu, 1 Oktober 2023 .

 

Daripada mengonsumsi telur dengan daging berlemak, lebih baik konsumsi makanan tersebut dengan sayuran.

Pasalnya sayuran seperti kubis dan kangkung berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Mengonsumsi telur dengan sayur membantu tubuh menyerap lebih baik nutrisi yang terdapat pada sayur, seperti vitamin E dan karotenoid.

Koki dan ahli diet terdaftar Sarah Haas, RDN, LD, menawarkan beberapa ide untuk mengonsumsi telur selain telur dadar standar atau telur rebus. Beberapa pilihan tersebut antara lain: menambahkan telur ke dalam roti gandum panggang yang dipotong tebal dengan taburan kacang hitam kalengan dan telur rebus di atasnya. Buat salad telur goreng dengan menggabungkan telur rebus dengan yogurt Yunani polos, bawang bombay, dan seledri. Salad ini bisa diberi taburan selada, tumis bayam dan bawang putih, telur, serta paprika merah panggang. Lalu panggang dalam loyang muffin. Setelah muffin telur dipanggang dan didinginkan, dapat langsung dimakan atau disimpan di lemari es atau freezer. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D