0 0
Read Time:3 Minute, 17 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Jawa Timur (Jatim) Erwin Guttawa Hutapia mengungkapkan pihaknya menyiapkan dana sebesar Rp23,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di Jatim selama Ramadan dan Idul Fitri. 

“Angka tersebut meningkat empat persen dari pelaksanaan tahun 2023 yang mencapai Rp22,3 miliar,” kata Semara usai meluncurkan program Berkah Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri (Serambi) 2024 di hadapan delegasi Bank Indonesia di Provinsi Jawa Timur. Selasa, 19 Maret 2024, Rabu (20-03-2024).

Erwin mengatakan program Serambi mengangkat tema bijak menggunakan rupiah di bulan penuh berkah. Pada tanggal 15 Maret 2024 hingga 5 April 2024, penyelenggaraan Serambi akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan bertempat di 45 kantor perwakilan BI, termasuk di Jawa Timur.

“Untuk mendukung pelayanan uang yang lebih baik, BI Jatim bekerja sama dengan perbankan untuk menyediakan layanan penukaran mata uang kepada masyarakat,” ujarnya. 

500 lokasi telah disiapkan untuk masyarakat umum untuk layanan penukaran uang. dan pertukaran terintegrasi dengan 10 bank. Selain itu, penukaran akan dilakukan di tempat istirahat tol dan tempat pelayanan transportasi. 

“Layanan penukaran uang bank akan dimulai pada 2-4 April 2024. Bank Indonesia juga membatasi penukaran uang tunai keliling, maksimal penukaran per orang Rp 4 juta. Itu kami batasi, sehingga jumlah yang akan kami berikan akan lebih tinggi.” kata Erwin. 

Erwin juga mengingatkan masyarakat untuk menukarkan uang di Bank Indonesia atau bank lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah penipuan dan uang gelap.

“Saya juga meminta masyarakat menukarkan uang di pusat layanan perbankan. Bukan di pinggir jalan, karena kita tidak tahu keaslian dan jumlahnya,” ujarnya. 

 

Erwin menghimbau masyarakat untuk menggunakan rupee secara bijak dan tidak memaksa mereka untuk melakukan pembelian karena akan menaikkan harga dan membuat masyarakat terlilit hutang. Kami berharap masyarakat berbelanja sesuai kebutuhannya,” ujarnya. 

Erwin mengatakan, layanan penukaran drive-thru sudah tidak ada lagi dan digantikan dengan layanan one-thru terintegrasi yang direncanakan untuk Grand City Surabaya.

“Tahun ini kami akan memperkenalkan 10 bank dan mengubah layanan drive-thru Grand City menjadi one-thru. Tanggal peluncurannya akan diumumkan di website Bank Indonesia, stay tuned,” ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Departemen Pengelolaan Kas Bank Indonesia Marlison Hakim mengungkapkan, peredaran uang tunai Ramadhan-Idul Fitri (RAFI) sangat tinggi. Peredaran uang pada Ramadhan kali ini rata-rata 25 persen dalam setahun.

Budaya masyarakat Indonesia mendukung tingginya jumlah uang yang beredar pada saat hari raya keagamaan, seperti menggunakan uang baru dan membagi uang kepada kerabat.

“Tahun ini Bank Indonesia memberikan dana sebesar Rp197 miliar, meningkat 4,65 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Marlison kepada media usai acara Serampi 2024 di Gedung Bank Indonesia Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Marlison mengatakan jumlah uang beredar meningkat karena pertumbuhan ekonomi dan konsumsi masyarakat yang memadai. Oleh karena itu, Bank Indonesia akan membuka layanan penukaran uang bekerja sama dengan perbankan pada tahun ini.

Layanan cabang bank akan dibuka di 4.964 cabang atau titik di seluruh Indonesia. Nama-nama bank yang tersedia dapat dimasukkan di aplikasi Smart Bank Indonesia.

Bank Indonesia juga akan membuka layanan penukaran mata uang, dan melakukan operasional rutin di tempat-tempat umum seperti ritel, pasar dan tempat lainnya.

“Hari ini kami akan memulai periode layanan penukaran uang mulai 15 Maret hingga 5 April,” jelasnya.

Kami juga akan mengadakan kegiatan bersama (BI dan Perbankan) di Jabodebek pada tanggal 28-31 Maret di Istora Senayan. “Pada saat yang sama, masyarakat bisa (meminta) untuk mentransfer uang melalui aplikasi Pintar atau Go-Show (ikut serta),” lanjutnya.

Istora tersedia selama perhelatan Senayan, termasuk bagi masyarakat yang ingin mentransfer uang melalui bank, debit, atau QRIS.

 

Selain itu, BI juga melakukan kegiatan tematik di Sumsel, membuka layanan penukaran mata uang di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

“Kami juga menyediakan layanan penukaran uang di titik-titik rumah, salah satunya di Tol Trans Jawa, Lampung, Trans Sumatera, dan Medan. Khusus di Pulau Jawa, kami akan buka mulai 2-5 April sepanjang 57 km,” kata Marlison.

“Nanti teman-teman juga akan buka di Cirebon, Semarang, dan Surabaya. Juga di banyak simpang susun Merak-Bakauhen, stasiun kereta api, dan bandara,” imbuhnya. 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D