0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id – Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat spesial bagi umat Islam. Sebab, banyak manfaatnya, seperti pahala berlipat ganda, setan terikat, dan terbukanya pintu surga hingga malam lebih baik dari seribu bulan.

Selama bulan puasa, umat Islam melakukan berbagai amalan sunnah dan berupaya mendapatkan pahala dengan memperbanyak amal shaleh seperti shalat Tahajjud, membaca Al-Qur’an dan bersedekah.

Namun bagaimana jika Anda tidak bisa melakukan semua hal tersebut karena tidak punya waktu atau sibuk dengan masalah hidup? Syekh Ali Juma, seorang ulama sekaligus mantan Mufti Agung Mesir, memaparkan amalan yang sederhana dan mudah namun pahalanya besar bila diamalkan di bulan Ramadhan.

Adat tersebut disampaikan Syekh Ali Juma saat menjawab pertanyaan seorang pria. Usai kelahiran sang anak, pria tersebut bersedih karena tidak bisa lagi menunaikan shalat sunnah yang biasa ia lakukan setiap Ramadhan dan hanya bisa menunaikan shalat wajib.

Menurut Syekh Ali Juma, mendidik anak merupakan ibadah sekaligus pahala yang besar. Lalu apa sebenarnya yang bisa Anda olah raga saat puasa? Menurut Syekh Ali Juma, itu adalah dzikir.

“Allah mengajari kami dzikir dan memberi tahu kami sepuluh kalimat baik untuk disebarkan,” kata Syekh Ali Juma.

Kalimat atau dzikirnya adalah “swt, alhamdulillah, la ilaha illa Allah, allahu akbar, la haula wala kuwata illa bila.”

Lima kalimat ini membentuk al-Baqiyat ash Sharihat yang disebutkan dalam surat Al-Kahfi ayat 46.

Artinya: “Harta dan anak-anak adalah penghias kehidupan duniawi, tetapi amalan yang kekal dan shaleh (al-bâqiyat ash-shâlihât) lebih baik pahalanya di sisi Tuhan dan lebih baik sebagai harapan.

Selain itu, Syekh Ali Juma menyampaikan bahwa ada dua kalimat yang mudah diucapkan namun mempunyai manfaat yang besar. Yaitu “Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim”.

Selebihnya adalah “Doa dan salam kepada Astagfirullah, Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Hasbunallah wa ni’mal, Tawakaltu ‘ala Allah dan Rasulullah SAW.”

Menurut Syekh Ali Juma, inilah sepuluh kalimat baik yang ringan di lidah dan ringan di masyarakat, namun berat dalam skala amal (misan). Apa tujuan dan manfaat puasa tasua dan asyura? Puasa Tas dan Asyura merupakan salah satu adat istiadat yang diperintahkan Allah SWT kepada umat islam sebagai salah satu adat istiadat di bulan Muharram dan inilah niatnya. dianrakyat.co.id.co.id 15 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D