0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

dianrakyat.co.id Jakarta Menteri Pertanahan dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Jumat mengumumkan pengenalan layanan elektronik di Badan Pertanahan Kota (Kant) Kota Pekanbaru. 31/05/2024).

Pelaksanaan ini ditandai dengan penyerahan 12 sertifikat tanah elektronik. Artinya, mulai saat ini seluruh sertifikat yang diterbitkan Kota Pekanbaru akan berbentuk sertifikat tanah elektronik.

Sertifikat yang diterbitkan Menteri AHY antara lain 5 sertifikat hak milik daerah (BMD), 5 sertifikat hak milik negara (BMN), dan 2 sertifikat tanah swasta.

Menteri AHY dalam sambutannya menyampaikan bahwa hal ini merupakan bagian dari komitmen transformasi digital Kementerian ATR/BPN.

Mudah-mudahan desain ulang ini akan membuat layanan menjadi lebih mudah dan mendorong warga Kantarian lainnya untuk menerapkannya juga.

“Dengan adanya sertifikat tanah elektronik yang baru saja kami keluarkan ini, mulai dikenalkan kepada jajaran masyarakat Kantha yang ada di kota Pekanbaru dan mudah-mudahan masyarakat Kantha lainnya dapat mengikuti jejaknya,” ujarnya.

Digitalisasi ini juga sejalan dengan arahan Presiden yang meluncurkan GovTech Indonesia (INA Digital Portal) dan SPBE Summit 2024 pada Senin (27 Mei 2024) lalu.

“Jika sertifikat tanah elektronik (sertifikat tanah elektronik) diperkenalkan dan diintegrasikan, masyarakat bisa memprosesnya lebih cepat dan aman. Semuanya lebih transparan,” jelas Menteri AHY.

Ia menilai kepastian tanah sangat penting mengingat masih banyak kasus pertanahan di masyarakat.

“Saat ini kejahatan pertanahan masih sering terjadi. Sengketa masih terjadi karena tumpang tindih. Oleh karena itu perlunya peningkatan kepastian kepemilikan tanah bagi setiap warga, setiap instansi,” kata Menteri ATR/Kepala BPN. “

Sejumlah pejabat tinggi tingkat menengah dan akar rumput Departemen ATR/BPN serta Kepala Kantor Wilayah BPN Riau beserta jajarannya turut hadir dalam acara tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D