0 0
Read Time:1 Minute, 40 Second

JAKARTA – PTN dengan akreditasi tinggi di Jakarta hanya ada dua. Kedua universitas ini dikenal sebagai perguruan tinggi negeri terbaik tidak hanya di Jakarta, tapi juga di Indonesia.

Akreditasi memang menjadi salah satu kriteria seseorang dalam memilih universitas untuk dimasuki. Dari sertifikat ini, masyarakat dapat melihat seberapa baik fasilitas yang diberikan dan tingginya kualitas pendidikan universitas tersebut.

Baca Juga: 18 Program Studi Terbaik di Akreditasi Binus Apakah kamu mempunyai program studi yang kamu sukai?

Tingginya akreditasi ini sendiri merupakan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan akreditasi “A” yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Tinggi (BAN PT). Hal inilah yang menyebabkan banyak orang ingin kuliah di kampus yang memiliki sertifikasi tersebut.

Tidak mengherankan jika persaingan untuk masuk ke universitas terakreditasi tinggi sangat ketat. Apalagi jika perguruan tinggi tersebut merupakan PTN yang memberikan biaya kuliah murah dibandingkan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sebagai Kota Perkotaan, Jakarta menawarkan banyak PTN terkenal seperti UI, UPN, UIN dan banyak Universitas Teknik dan Universitas. Namun dari sekian banyak PTN di Jakarta, hanya dua yang tersertifikasi Unggul.

2 PTN Unggul yang Disetujui BAN PT di Jakarta1. Universitas Indonesia (UI)

UI telah mendapat Persetujuan Tinggi dari BAN PT sebagaimana tertuang dalam SK 40/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/I/2023. Pengesahan ini berlaku hingga 28 Desember 2027.

Universitas Indonesia telah berdiri sejak tahun 1849, menjadikannya sebagai lembaga pendidikan representatif dengan sejarah tertua di Asia. Tak hanya itu, kampus ini selalu menduduki peringkat pertama dan terbaik di antara universitas-universitas terbaik di Indonesia menurut berbagai universitas di dunia.

Misalnya pada Webometrics 2024, Fitur WUR dan QS AUR, Universitas Indonesia menjadi yang pertama, disusul Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: Teratas! Universitas Maranatha sangat sukses dan diakui secara internasional

Tak hanya itu, UI dinobatkan sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut studi Scimago tahun 2024. Tak heran jika persaingan untuk masuk kampus ini sangat ketat.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah mendapatkan akreditasi tertinggi dari BAN PT UNJ melalui SK 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Pengesahan ini berlaku hingga 2 Februari 2026.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D