0 0
Read Time:2 Minute, 53 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Bawang merah merupakan bahan yang umum digunakan dalam berbagai resep. Namun mengupas bawang merah bisa menyebabkan mata sakit dan berair.

Hal ini tentu sangat mengganggu dan membuat proses memasak menjadi tidak menyenangkan. Berikut beberapa tips mengupas bawang merah tanpa melukai mata. 1. Cuci bawang merah dengan cara merendamnya dalam air.

Salah satu cara menghindari sakit mata saat mengupas bawang merah adalah dengan menggunakan air. Sebelum mengupas bawang merah, cucilah terlebih dahulu. Air membantu mengurangi kandungan senyawa belerang penyebab sakit mata. 2. Silakan gunakan air dingin untuk menghindari sakit mata.

Anda juga bisa mencoba menggunakan air dingin sebagai pengganti air saat mengupas bawang merah. Air dingin mengurangi reaksi antara senyawa belerang dan air mata, sehingga mengurangi kemungkinan sakit mata. 3. Gunakan gelas untuk mengupas bawang merah

Jika mata sensitif Anda bermasalah, Anda juga bisa menggunakan kacamata atau kaca mata pelindung saat mengupas bawang merah. Lindungi mata Anda dari uap yang dihasilkan saat memotong bawang. 4. Potong bawang merah dengan air mengalir.

Selain menggunakan tips di atas, Anda juga bisa mencoba mengiris bawang merah dengan air mengalir.

Dengan begitu, uap yang dikeluarkan saat memotong rakkyo akan langsung tersapu air, sehingga mata tidak perih.

Mengapa mata saya sakit saat memotong bawang? Hal ini disebabkan oleh senyawa belerang yang terdapat pada bawang merah. Saat Anda memotong bawang bombay, senyawa belerang ini bereaksi dengan air mata Anda menghasilkan senyawa yang menyebabkan sakit mata. Senyawa belerang dalam bawang bombay merangsang kelenjar lakrimal untuk memproduksi lebih banyak air mata. Inilah sebabnya saya sering menangis saat memotong bawang. Selain senyawa belerang, bawang merah juga mengandung enzim alliinase yang menghasilkan senyawa lain seperti asam sulfonat. Senyawa inilah yang juga menjadi penyebab mata sakit saat memotong bawang merah.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki tingkat kepekaan yang berbeda terhadap bawang bombay.

Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit saat memotong bawang atau mungkin lebih mudah menangis dibandingkan yang lain.

Oleh karena itu, penting untuk mencari cara paling efektif untuk menghindari sakit mata saat mengupas bawang merah.

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang dilepaskan saat Anda memotong bawang bombay sehingga dapat menyebabkan mata berair.

Senyawa yang disebut syn-propanedial-S-oxide ini bereaksi dengan enzim alliinase yang terdapat pada bawang bombay dan menghasilkan gas yang mengiritasi mata, seperti dikutip dari Healthline, Kamis, 6 Juni 2024.

Gas ini kemudian bereaksi dengan air di mata membentuk asam sulfenat, yang mengiritasi mata dan merangsang kelenjar lakrimal untuk memproduksi lebih banyak air mata sebagai respons perlindungan.

Mengutip dari website Siloam Hospital: Bawang bombay mengandung zat dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

Bawang bombay dikatakan mengandung serat, protein, mangan, vitamin C, selenium, kalsium, dan antioksidan.

Bawang merah mentah sering digunakan dalam berbagai hidangan, termasuk casserole dan salad, sehingga memberikan rasa yang unik dan segar. Lantas, apa saja manfaat makan bawang merah setiap hari? Bawang mentah mengandung senyawa penting seperti sulfur organik dan minyak atsiri, yang lebih aktif dibandingkan bawang bombay yang dimasak. Seperti dikutip dari BBC Good Food, kedua senyawa ini cenderung menurun kandungannya jika terkena panas. Bawang merah kaya akan antioksidan, terutama quercetin yang baik untuk kesehatan jantung dan sistem imun tubuh. Menurut peneliti pengobatan alami Chris Kilham, ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang merah dapat melawan pertumbuhan tumor dan mendukung fungsi hormonal untuk menjaga kesehatan.

Chris Kilham merekomendasikan makan sekitar 1 cangkir bawang merah cincang mentah setiap hari untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Orang yang perutnya sensitif disarankan mengonsumsi bawang merah setiap hari dengan cara dipanggang terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D