0 0
Read Time:3 Minute, 35 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Banyak orang, termasuk artis, memilih prosedur transplantasi rambut untuk memperbaiki penampilan dan mengembalikan rasa percaya diri.

Transplantasi rambut adalah prosedur memindahkan rambut ke area yang menipis atau botak. Prosedur ini tergolong bedah kosmetik.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, transplantasi rambut cocok untuk penderita kebotakan permanen, sejenis kebotakan yang diturunkan dalam keluarga. Dan umumnya tidak cocok untuk penderita jenis rambut rontok lainnya, seperti jenis rambut rontok yang menyebabkan kebotakan (alopecia areata).

Menurut dokter spesialis transplantasi rambut Quickglam Clinic, dr Mega Melati Wibo, transplantasi rambut bisa dilakukan oleh orang dewasa mulai usia 25 tahun.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transplantasi rambut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain: Berhenti menggunakan obat pengencer darah atau vitamin seperti aspirin, vitamin C, D, omega 3, ginkgo biloba, obat herbal, dll. Setidaknya satu minggu sebelum transplantasi rambut. Hindari kopi, alkohol, dan rokok/nikotin selama seminggu sebelum dan sesudah transplantasi rambut. Hentikan aktivitas atau olahraga berat. Setelah transplantasi rambut untuk pemeliharaan penggunaan sampo, serum herbal sangat dianjurkan. Pertimbangkan profesional dan klinik tepercaya yang melakukan hal tersebut. Berhati-hatilah saat mencari klinik transplantasi rambut, lebih selektif. Penting untuk menemukan ahli bedah yang berkualifikasi dan berpengalaman dalam melakukan jenis operasi ini.

Mega mengatakan dalam keterangan pers, Rabu (3/7/2024) “Setelah transplantasi rambut, disarankan untuk banyak minum air putih dan makan makanan tinggi protein untuk mempercepat proses penyembuhan luka.”

Transplantasi rambut biasanya dilakukan dengan anestesi lokal dan obat penenang. Artinya pasien akan terjaga tetapi tidak kesakitan.

Transplantasi rambut biasanya memakan waktu satu hari, namun pasien tidak harus menginap. Jika area yang dirawat cukup luas, pasien mungkin memerlukan dua sesi atau lebih pada hari yang berbeda.

Ada dua jenis transplantasi rambut dengan dua proses berbeda, yaitu Follicular Unit Transplantation (FUT, atau metode strip) dan Follicular Unit Extraction (FUE). Transplantasi rambut FUT

Dalam transplantasi rambut FUT, potongan tipis kulit beserta rambut dikeluarkan dari bagian belakang kepala dan dibagi menjadi beberapa bagian, masing-masing berisi 1 hingga 4 helai rambut (cangkok rambut).

Pena ditempatkan pada sayatan kecil yang dibuat di kulit. Tempat penghilangan bulu ditutup dengan jahitan. Pasien akan memiliki bekas luka di bagian belakang kepala, namun bekas luka tersebut tidak akan terlihat kecuali pasien memiliki rambut pendek. Tidak perlu menutupi kepala, cukup kulit kepala saja yang dipotong. Transplantasi rambut FUE

Selain itu, dalam transplantasi rambut FUE, bagian belakang kepala dicukur. Rambut individu dihilangkan 1 per 1 (cangkok). Pena ditempatkan pada sayatan kecil yang dibuat di kulit. Seseorang mungkin memiliki banyak bekas luka kecil, tapi tidak terlalu banyak.

Setelah transplantasi rambut, dokter bedah akan memberi tahu Anda cara merawat kulit Anda. Ada semprotan khusus yang membantu memulihkan dan menumbuhkan rambut. Seorang pasien mungkin memerlukan satu hingga dua minggu untuk pulih dari transplantasi rambut.

Secara umum, efek samping yang dirasakan setelah transplantasi rambut adalah: Kulit kepala terasa kencang, perih, dan kemungkinan bengkak selama beberapa hari. Ada bekas luka sementara di tempat rambut ditransplantasikan. Ada banyak tanda-tanda kecil.

Transplantasi rambut umumnya merupakan prosedur yang aman, namun seperti halnya operasi apa pun, selalu ada risiko kecil, seperti: infeksi darah, reaksi alergi terhadap anestesi.

Artis kerap melakukan transplantasi rambut di luar negeri seperti Turki. Bahkan dengan pesatnya perkembangan informasi, akhirnya banyak dokter di Indonesia yang membuka klinik transplantasi rambut.

Teknologi yang digunakan para dokter di Indonesia juga cukup canggih dan tidak kalah dengan teknologi di Turki. Dengan hadirnya klinik transplantasi rambut di Indonesia, selain mendekatkan jarak juga membuat pasien semakin efisien dalam waktu. 

Klinik-klinik ini juga menawarkan jaminan pertumbuhan rambut hingga 98%. serta menyediakan fasilitas dan peralatan yang lengkap serta perawatan pasca transplantasi yang baik. Ada banyak klinik di Indonesia yang telah melakukan prosedur transplantasi rambut. Salah satunya adalah Klinik Quickglam.

Ini merupakan klinik yang menawarkan banyak layanan kecantikan dan perawatan tubuh, salah satunya adalah layanan transplantasi rambut. Klinik ini menerapkan beberapa teknik tergantung kebutuhan pasien. 

Teknik yang digunakan antara lain: Direct Hair Implantation (DHI) Follicular Unit Extraction (FUE) Sapphier Diamond Blade.

Selain itu, klinik Quickglam juga memiliki anestesi khusus yang membuat pasien merasa lebih nyaman saat prosedur dilakukan. Beberapa pasien mengatakan bahwa rasa sakitnya jauh lebih sedikit. “Selain itu, klinik juga menawarkan fasilitasnya untuk penjemputan pasien. dan layanan bimbingan belajar,” kata Ketua Pelaksana Quickglam Irawati Muklas.

Klinik ini juga memberikan informasi biaya transplantasi rambut yang berkisar antara Rp15 juta hingga Rp35 juta tergantung paketnya. Umumnya prosedur transplantasi rambut di Indonesia berkisar antara Rp 25 hingga 80 juta.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D