0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

Jakarta, 31 Desember 2023 – Libur Tahun Baru sudah dekat. Bagi yang berencana berlibur ke luar kota melalui Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II atau Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ), ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Rute ini menjanjikan waktu tempuh yang lebih cepat, namun terdapat risiko seperti tabrakan berulang kali atau tusukan karena kondisi jalan yang unik.

Mempersiapkan mobil dan diri sendiri adalah kuncinya

Sebelum melintasi jalan sepanjang 36 kilometer ini, pastikan mobil Anda dalam kondisi optimal. Periksa ban, mesin, dan panel pengukur. Nur Imansyah Tara dari Auto2000, dikutip dianrakyat.co.id Otomotif dalam keterangan resminya, mengingatkan, jika ada masalah sebaiknya digunakan jalan tol normal di bawah. Servis rutin di bengkel resmi bisa menjadi solusi praktis untuk memastikan mobil Anda dalam kondisi prima.

Yang tak kalah penting adalah persiapan pengemudi dan penumpang. Dibutuhkan banyak kewaspadaan dan konsentrasi mengingat kontur jalan yang naik turun serta angin kencang yang kerap bertiup. Pastikan Anda dalam keadaan bugar dan penumpang merasa nyaman karena tidak ada tempat istirahat untuk beristirahat atau berganti pengemudi.

Kekurangan bensin dan angin kencang menjadi musuh utama di flyover MBZ

Jangan kehabisan bensin di jalan ini! SPBU terdekat arah Jakarta hanya tersedia di kilometer 57 arah Cikampek. Artinya, Anda baru akan menemukan SPBU setelah menempuh jarak sekitar 46 km. Pastikan pengukur bahan bakar terisi setidaknya seperempatnya.

Salah satu risiko unik dari jalan layang MBZ adalah angin melintang yang kuat. Tetap tenang dan jangan panik jika merasakannya. Kurangi kecepatan secara perlahan dan arahkan ke arah yang benar berdasarkan marka jalan. Hindari pengereman mendadak yang dapat menyebabkan serangkaian tabrakan.

Patuhi aturan dan jaga jarak aman.

Batas kecepatan di jalan layang MBZ adalah 80 km/jam. Patuhi aturan ini dan gunakan jalur kiri jika kecepatan Anda di bawah batas minimum. Hati-hati dengan sambungan antar bagian jembatan yang dapat menyebabkan mobil terpental atau ban kempes jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi.

Bahu tol Flyover MBZ sangat terbatas. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan agar memiliki ruang untuk bermanuver jika terjadi masalah. Yang tak kalah penting, jangan sekali-kali menggunakan bahu jalan untuk mengemudi atau menyalip, apalagi dalam kondisi kecepatan tinggi. Beberapa detik setelah mobil tersebut kabur usai mengisi bahan bakar bensin, ia menyeret petugas SPBU di Pasar Rebo. Peristiwa mobil kabur usai mengisi bahan bakar di SPBU kembali terjadi. Kali ini tempatnya di Pasar Rebo, Jakarta Timur. Salah satunya viral di media sosial Instagram @jakinfo. dianrakyat.co.id.co.id 19 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D