0 0
Read Time:3 Minute, 2 Second

dianrakyat.co.id, Doha – Timnas U-23 Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFC U-23 2024, setelah Garuda Muda mengalahkan Korea Selatan di babak perempat final.

Berdurasi 120 menit, laga yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Jumat (26/4/2024) dini hari tadi, berakhir imbang 2-2. Adu penalti akhirnya dimenangkan oleh Kru Merah-Putih dengan skor 11-10.

Tim U-23 Indonesia akan menantang pemenang laga Uzbekistan vs Arab Saudi. Laga tersebut akan digelar di Khalifa International Stadium Al Rayyan pada Jumat (26/4/2024) malam waktu Indonesia Barat.

Di sisi lain, Timnas U-23 Jepang lolos ke babak semifinal usai mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 4-2 pada laga perempat final yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad Al Rayyan, Kamis. (25/4/2024) malam WIB. Tim Muda Samurai Biru akan menghadapi pemenang laga Irak-Vietnam yang digelar di Stadion Al Janoub Al Wakrah pada Sabtu (27/4/2024) dini hari WIB.

Ronde pertama. Kedua tim memainkan pertandingan yang menegangkan dan bertempo tinggi sejak awal. Korea Selatan mendapat peluang pertamanya pada menit ketujuh. Ada tendangan bebas di dekat kotak penalti Indonesia.

Terjadilah duel di sana. Li Kanghe memukul bola liar dan dimasukkan ke gawang oleh Hernando Ari Sutarade. Setelah mengamati VAR, wasit menganulir gol tersebut.

Garuda Muda menjadi angin segar. Pada menit ke-15, Indonesia unggul 1-0. Tendangan tak terduga Rafael Strick dari gawang lawan.

Kebisingan meningkat di Stadion Abdullah bin Khalifa. Strick merayakannya secara besar-besaran. Dia berlari ke tribun.

Pertarungan ketat mulai terjadi. Banyak pelanggaran berat yang terjadi. Strick bahkan mendapat kartu kuning setelah meninju kapten Korea Selatan Byun Junsu.

Korea Selatan berusaha menghalangi pertahanan Indonesia. Namun Garuda Muda nyaris memperlebar ketertinggalan pada menit ke-32 melalui Marcelino Ferdinan. Sayangnya tendangan gelandang serang KMSK Deinze sedikit melenceng ke kanan gawang Baek Jongbum.

Indonesia kembali mendapat peluang pada menit ke-37 lewat tendangan bebas langsung di dekat kotak penalti Ksatria Taeguk. Elham Rio Fahmy terjebak dalam posisi offside usai menerima umpan penetrasi Marcelino.

Korea Selatan berusaha mengurangi kecepatannya. Pada menit ke-39, terjadi pertengkaran di depan gawang Indonesia. Hernando Arri dirawat usai bertengkar dengan pemain lawan.

Armada kavaleri Taeguk menyerang secara paksa dari sayap kanan pertahanan Garuda Muda.  Paik Sanghoon memanfaatkan kelebihannya dalam hal kecepatan. Elham Rio Fahmy dan Komang Teguh bekerja keras menghentikan sang winger.

Hingga akhir babak pertama. Indonesia fokus pada aspek defensif. Beberapa kali Korea Selatan mengancam melalui tendangan sudut. Usaha anak Negeri Ginseng itu membuahkan hasil.

Pada menit ke-45, Korea Selatan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Komang mencetak gol bunuh diri. Seorang pemain lawan memukul kepala bek Borneo FC Samarinda.

Indonesia tidak pernah berhenti. Pada menit 45+3, Rafael Struijk membawa Garuda Muda unggul. Striker asal ADO De Haag itu mencetak dua gol di laga ini. 

Hingga babak pertama berakhir, pasukan Shin Tae-yong unggul 2-1. Permainan ini sangat cepat dan menantang.

Putaran kedua. Usai jeda, intensitasnya meningkat. Terlihat para pemain Korea Selatan berusaha keras untuk mengejar ketertinggalannya. Pasukan Hwang Son Hong sesekali berusaha menekan lini belakang Indonesia.

Petaka menimpa Ksatria Taeguk pada menit ke-66, Lee Youngjun diusir keluar lapangan oleh wasit. Striker nomor 6 itu mendapat kartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Justin Huebner. 

Namun Korea Selatan berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit ke-84. Ksatria Taeguk memanfaatkan serangan balik tersebut. Jeong Sangbin sukses mengalahkan Hernando Ari.

Skor bertahan 2-2 hingga babak kedua berakhir. Duel otomatis berlanjut hingga perpanjangan waktu.

Lebih banyak waktu. Perpanjangan waktu 30 menit berakhir imbang 2-2. Tidak ada gol lain yang tercipta.

Pertandingan akhirnya harus ditentukan melalui adu penalti yang menarik. Dalam adu penalti, tim besutan Shin Tae-yong mengalahkan Korea Selatan 11-10.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D