0 0
Read Time:2 Minute, 21 Second

JAKARTA – Traveloka mengalami peningkatan pencarian tiket pesawat, bus dan wisata bahkan perjalanan kereta api pada tahun 1445 H. Menjelang libur Idul Fitri.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) memperkirakan potensi mobilitas masyarakat pada Idul Fitri 2024 bisa mencapai 71,7% dari total penduduk Indonesia atau 193,6 juta jiwa.

CEO Traveloka Transport, Iko Putera, menilai konsumen sebaiknya mulai merencanakan perjalanannya sedini mungkin, bahkan sejak bulan Februari.

“Tidak hanya produk transportasi, produk akomodasi juga mengalami peningkatan volume pemesanan, hal ini menunjukkan tren liburan masih terus digemari. “Selain itu, konsumen juga memanfaatkan hari libur untuk berlibur ke beberapa destinasi wisata.” dia berkata.

Nah, berikut tren menarik yang bisa dibawa pulang saat Lebaran 2024: 1. Pencarian transportasi meningkat pada tahun 2024 Traveloka melihat tren di dalam negeri dan menjelang libur Idul Fitri 2024, pemesanan tiket transportasi, akomodasi dan atraksi meningkat signifikan selama bulan Ramadhan. Tren pencarian bus dan travel meningkat hampir 12 kali lipat selama Idul Fitri, dan tren pencarian kereta api meningkat lebih dari 30 kali lipat.

2. Petunjuk arah lokal. Data internal Traveloka Surabaya-Bali menunjukkan peningkatan pencarian transportasi, dengan pencarian destinasi populer seperti Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

3. Tujuan internasional. Singapura dan Malaysia Minat terhadap destinasi internasional seperti Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok juga meningkat pada periode yang sama.

4. Kereta Api, Bus dan Wisata Pilihan transportasi darat seperti kereta api, bus dan wisata masih tetap menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian khususnya di Pulau Jawa.

5. Waktu keberangkatan maksimal. Waktu keberangkatan maksimal angkutan udara adalah 5-6 April 2024 dan waktu kepulangan maksimal 14-15 April 2024. Periode puncak perjalanan KA pada 5-8 April 2024 dan periode kepulangan maksimal pada 5-8 April 2024. 13-15, 2024

Khusus bus dan tour, Traveloka mengalami peningkatan penerbangan pada 3-8 April 2024 dan pulang pergi pada 13-15 April 2024.

6. Pencarian apartemen. penelusuran transportasi meningkat dan penelusuran akomodasi juga meningkat selama Idul Fitri, mencapai lebih dari 50% dari bulan ke bulan.

Baik Anda berlibur dalam kota atau luar kota, jenis akomodasi seperti hotel bintang empat menjadi yang paling diminati.

Sementara itu, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Malang menjadi kawasan tujuan utama konsumen yang mencari akomodasi sekembalinya ke kampung halaman dan saat Idul Fitri 2024.

7. Tempat Wisata Momentum libur lebaran pun dimanfaatkan masyarakat untuk mengunjungi berbagai tempat wisata. Hal ini terlihat dari penelusuran yang meningkat tiga kali lipat pada kategori taman wisata dan taman bermain.

Hal ini disusul dengan peningkatan jumlah wisatawan luar Jakarta, dengan destinasi wisata populer seperti Dufan-Ankol, Taman Mini Indonesia dan Kidzania tetap menjadi tempat wisata favorit konsumen.

Beberapa tempat wisata lain yang juga populer seperti Tari Kekaki di Pura Uluwatu (Bali) dan Jatim Park (Malang). Pilihan paket wisata pun meningkat tiga kali lipat, termasuk destinasi populer seperti Labuan Bajo, Kintamani, Kepulauan Seribu, Ubud, dan Borobudur (Punthuk Setumbu).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D