0 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Apple dikabarkan akan memperluas pengembangan layar lipatnya. Informasi ini diketahui dalam laporan investasi terkini.

Mengutip informasi 9to5Mac, Selasa (7/5/2024), analis Haitong International Security Jeff Pu mengatakan Apple berencana mulai memproduksi perangkat lipat berukuran 20,3 inci pada akhir tahun 2025.

Jadi, pada akhir tahun 2026, perusahaan akan mencapai iPhone yang mengancam.

Jika analisis ini benar, Apple bisa mempercepat pengembangan perangkat layar lipat. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa hal ini dilakukan karena perusahaan melihat transparansi yang lebih besar dalam rantai pasokan.

Pasalnya, menurut Ming-Chi Kuo terbaru, Apple sendiri sedang mengembangkan MacBook lipat berukuran 20,3 inci yang ditargetkan dirilis pada tahun 2027. Ross Young pun menunjukkan hal serupa.

Namun berdasarkan analisis terbaru Jeff, ada kemungkinan rencana tersebut akan terwujud lebih cepat dari perkiraan.

Menurut Jeff, perangkat layar Apple ini akan menjadi produk terbaru perusahaan. Perangkat ini akan menargetkan pasar kelas atas.

Menurut laporan, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu sedang menjajaki dua pilihan layar untuk iPhone lipatnya, yakni 7,9 inci dan 8,3 inci. 

Sekadar informasi, Apple saat ini juga merupakan salah satu merek perangkat seluler yang terkenal enggan memasuki pasar smartphone layar datar. 

Bahkan dikabarkan akan memperkenalkan ponsel andalan pertama mereka sejak tiga tahun lalu. Namun hingga saat ini iPhone dengan desain tersebut belum diperlihatkan. 

Sekadar informasi, hingga saat ini perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS itu belum mau membeberkan apa pun soal layar melengkung ponsel tersebut.

Namun, hal ini tampaknya mulai berubah. Menurut GSM Arena, Senin (5/2/2024), tahun 2026 atau 2027 akan menjadi waktu peluncuran ponsel ancaman Apple tersebut.

Informasi ini diungkap oleh sumber anonim di Korea. Kabarnya ponsel Apple ini akan memiliki layar besar dengan ukuran 7 inci atau 8 inci.

Dengan ukuran tersebut, ponsel Apple ini berpotensi menggantikan iPad mini di pasaran dalam beberapa tahun ke depan.

Sayangnya spesifikasi dan bentuk ponsel baru Apple ini masih belum diketahui. Rumornya, Samsung Display dan LG Display telah menawarkan sampel panel lipat dalam ukuran 6 inci dan 7 inci.

Jika Apple memutuskan untuk memperkenalkan ponsel dengan layar melengkung, kemungkinan perusahaan tersebut akan menggunakan panel dari Samsung Display.

Hal ini berdasarkan pengalaman Samsung Display sebagai pemasok terkemuka ponsel lipat Samsung seperti Galaxy Z Flip dan Gold Z Fold.

Dengan ini, tidak menutup kemungkinan perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini akan memperluas lini produk layar lengkungnya jika ponselnya sukses di pasaran.

Oleh karena itu, tidak heran jika pada tahun 2028 Apple akan merilis produk layar lipat berukuran 20,25 inci ke pasaran. 

Di sisi lain, sepertinya Apple mulai menerapkan teknologi AI generasi baru di seri iPhone terbarunya. Hal tersebut diungkapkan CEO Apple Tim Cook dalam pertemuan dengan investor usai laporan keuangan tahunan perusahaan.

Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (3/2/2024), dalam konferensi tersebut, Tim Cook mengatakan akan membahas topik AI secara umum pada akhir tahun ini. Ada keraguan kuat bahwa versi aplikasi AI ini akan digunakan pertama kali di iPhone 16.

Oleh karena itu, kemungkinan besar Apple akan membahas lebih lanjut teknologi tersebut pada ajang WWDC pertengahan tahun 2024, sebelum perusahaan tersebut resmi mengumumkan iPhone 16 yang biasanya terjadi pada bulan September.

Kehadiran AI secara umum di iPhone 16 juga diperkuat dengan bocoran mengenai iOS 18. Seperti diketahui, saat ditampilkan, iPhone 16 selalu menggunakan iOS langsung.

Nah, bocoran dari reporter Bloomberg Mark Gurman menyebutkan bahwa iOS 18 akan membawa perubahan besar pada sistem operasinya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan Siri.

Menurut laporan tersebut, Apple akan menghadirkan kemampuan AI umum ke iOS menggunakan LLM (Large Language Model).

Dukungan AI umum ini dikatakan akan meningkatkan kekuatan Siri dan aplikasi lain seperti Messages, Apple Music, Pages, Keynote, dan Shortcuts. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D