0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta Jeruk nipis terkenal dengan rasanya yang asam sehingga mampu menambah cita rasa berbagai masakan seperti siomay, soto, atau mie rebus.

Lemon juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, dan mencegah batu ginjal.

Selain itu, jeruk nipis diketahui mampu bertahan hingga 1-2 bulan, apalagi jika disimpan di dalam freezer.

Namun, ada alternatif cara agar jeruk nipis tetap segar hingga sebulan, seperti yang dijelaskan dalam video YouTube channel Dapur Leoni.

Rangkuman Jumat (14/6/2024), berikut cara mengawetkan jeruk nipis tanpa dimasukkan ke dalam freezer.

Rupanya produsen bahan ini menggunakan plastik untuk melindungi lemnya. Plastik sendiri dinilai lebih aman untuk mengawetkan makanan dibandingkan kertas, khususnya kertas koran

Namun usahakan menggunakan plastik PE atau PP yang menurut para ahli aman untuk penyimpanan makanan.

Bungkus semua perekat dengan rapat dalam plastik. Pastikan tidak ada celah udara pada plastik untuk mencegah paparan udara.

Simpan lem yang terbungkus rapat dengan plastik di lemari es. Simpan di tengah lemari es dan akan bertahan lebih lama. Pastikan juga pendingin kulkas masih berfungsi dengan baik.

Setelah disimpan selama sebulan, jeruk nipis bisa dikeluarkan dari lemari es untuk melihat hasilnya.

Lemon yang didinginkan masih terlihat hijau dibandingkan dengan lemon yang tidak didinginkan yang masih berwarna kuning.

Cara menjaga lemon tetap segar dan tidak menguning hingga dua bulan sangatlah mudah, bahkan bisa menggunakan lemari es di rumah.

Meski dalam jumlah sedikit, menambahkan jus lemon ke dalam masakan atau minuman dapat membantu Anda memenuhi asupan vitamin dan mineral harian. Vitamin C dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan banyak terdapat pada buah ini.

Untuk menambah waktu penyimpanan, banyak orang menyimpan jeruk nipis di dalam freezer. Setelah dibekukan, daunnya akan tetap segar dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Rutin mengonsumsi lemon di pagi hari dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh, apalagi jika dicampur dengan air hangat. Mengonsumsi air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat dapat menunjang program diet dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jeruk nipis sebagai tanaman obat tradisional mempunyai manfaat untuk membersihkan sumbatan energi penting, mengurangi batuk, mengencerkan lendir (selaput lendir), merangsang buang air kecil (diuretik) dan berkeringat, serta memperlancar pencernaan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D