0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

dianrakyat.co.id – Beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan, Jawa Timur, menemukan puluhan siswa sekolah menengah negeri (SMP) melakukan aksi melukai diri sendiri dengan cara menyayat pergelangan tangannya.

Kementerian Promosi Perlindungan Perempuan dan Anak membantu 76 korban tindakan menyakiti diri sendiri.

Dalam penanganan kasus ini, ia berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan Jawa Timur, dan Puskesmas setempat. Sementara itu, polisi setempat telah menerapkan pendekatan untuk mencegah tindakan menyakiti diri sendiri di sekolah dasar setempat.

Jadi, apa yang dimaksud dengan menyakiti diri sendiri? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Rumah Sakit Kota Siloam, berikut penjelasan lengkapnya. Memahami tindakan menyakiti diri sendiri

Self-harm adalah perilaku seseorang yang dengan sengaja menyakiti atau merugikan dirinya sendiri. Meskipun perilaku ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat, mulai dari benda tajam hingga benda tumpul, namun bentuk lainnya dapat berupa tindakan seperti mencabut rambut atau memukul diri sendiri. 

Tindakan menyakiti diri sendiri ini merupakan respons terhadap masalah mental dan dapat memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Ada tiga kategori utama tindakan menyakiti diri sendiri berdasarkan tingkat keparahannya:

– Menyakiti diri sendiri secara massal: Ini adalah bentuk menyakiti diri sendiri yang paling serius, yang mana seseorang dapat melakukan tindakan ekstrem seperti memotong jari atau mencungkil mata. Biasanya terjadi pada penderita gangguan jiwa seperti psikosis.

– Stereotip menyakiti diri sendiri: Meskipun tidak separah “menyakiti diri sendiri secara primer”, perilaku ini masih terus berulang. Contoh perilaku ini antara lain memukul bagian tubuh sendiri atau membenturkan kepala ke dinding. Hal ini sering terjadi pada penderita autisme.

– Menyakiti diri sendiri secara dangkal: Meski dianggap paling tidak berbahaya, jenis menyakiti diri sendiri ini tetap mengkhawatirkan. Tindakan yang termasuk dalam kategori ini antara lain memotong kulit atau mencabut rambut. Penyebab dan solusinya

Ada banyak alasan mengapa seseorang menyakiti diri sendiri, seperti trauma masa lalu, gangguan mental, stres emosional, atau ketidakmampuan mengekspresikan diri dengan tepat.

Untuk mengatasi tindakan menyakiti diri sendiri, penting bagi individu untuk mencari bantuan profesional dan mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. 

Terapi atau konsultasi dengan psikolog atau psikiater dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah inti yang mendasari perilaku menyakiti diri sendiri. Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Teka-teki yang sering muncul saat MPLS, Kocak! Teka-teki MPLS biasanya melibatkan menebak makanan, minuman, atau benda. Dari sekian banyak tebakan, berikut daftar teka-teki yang sering digunakan dianrakyat.co.id.co.id 15 Juli 2024

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D