0 0
Read Time:1 Minute, 11 Second

JAKARTA – Program Merdeka saat ini aktif di 80% sekolah. Bagi sekolah yang tidak berpartisipasi, berikut cara mendaftarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan pendidikan mandiri yang telah berjalan selama tiga tahun ini telah diterapkan secara sukarela di 300.000 sekolah.

Jumlah tersebut mewakili 80% dari total sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka yang saat ini digunakan sebagai kurikulum PAUD, pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

Baca Juga: Beberapa Pendidikan Mandiri Resmi Tersedia di Seluruh Tanah Air, Ada Masanya Perubahan

Tahun ini, pendaftaran Beasiswa Merdeka kembali dibuka mulai tanggal 27 Maret hingga 28 April 2024. Dikutip dari laman Panduan SMP, berikut syarat dan tata cara pendaftarannya.

Tata cara pendaftaran Beasiswa Merdeka pada platform Merdeka Belajar (PMM).

1. Login ke situs Merdeka Mengajar dengan akun Belajar.id milik kepala pendidikan dan jangan lupa pastikan akun Belajar.id sudah terhubung dengan PMM.

2. Cari dokumen Dokumentasi Penyelenggaraan Kursus Mandiri di bagian “Proyek Terkini” di halaman beranda PMM. Kemudian klik “Buka Unduhan”.

3. Mulai proses pendaftaran pada halaman pendaftaran beasiswa Merdeka untuk memulai proses pendaftaran. Klik “Daftar Sekarang” pada kursus yang Anda inginkan.

Baca juga: Kurikulum Mandiri Jadi Kurikulum Nasional, DPR Perlu Perbaikan Manajemen Guru

Catatan: Institusi pendidikan swasta harus menunjukkan surat referensi dasar pada saat proses pendaftaran.

4. Pilih opsi penerapan berdasarkan ketersediaan satuan akademik Anda (2024/2025, 2025/2026 atau 2026/2027). Setelah memilih opsi, klik “Pilih dan selesaikan pendaftaran” untuk menyelesaikan. Jangan lupa periksa kembali daftar pendaftaran Anda!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D