0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

JAKARTA – Aturan SNBT 2024 memilih program studi lebih dari 2 bidang yang harus diketahui mahasiswa baru. Cara seleksi program studi (prodi) berbasis ujian untuk lembaga seleksi nasional (SNBT) 2024.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini siswa sekolah dasar dan menengah dapat memilih empat program studi sekaligus. Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut!

Aturan Seleksi Prodi Jalur SNBT 2024

Badan Seleksi Nasional Penerimaan Peserta Didik Baru (SNPMB) memberikan pedoman tersendiri bagi mahasiswa dalam memilih program studi. Mahasiswa yang memilih lebih dari dua program studi wajib memilih program studi pada jenjang D3 atau D4. Menurut panitia SNPMB, menjamin kesetaraan akses terhadap pendidikan tinggi di universitas akademik dan profesional.

Berdasarkan laman SNPMB, setiap peserta dapat memilih program studi akademik, profesi, dan perguruan tinggi agama Islam negeri (PTKIN).

Urutan pemilihan program studi menunjukkan prioritas pemilihan. Namun apabila mahasiswa memilih lebih dari dua program studi, hendaknya berhati-hati dalam memilih program studi yang mana. Jika Anda mengambil lebih dari dua pilihan, sebaiknya pilih program studi sebagai jurusan.

Berikut cara mengajukan Beasiswa SNBT 2024.

1. Syarat memilih program pelatihan

Apabila memilih satu program studi saja, dapat memilih antara jenjang D3, D4, dan S1. Anda juga bisa memilih PTN Akademik, Vokasi, atau PTKIN mana saja.

2. Syarat memilih dua program pelatihan

Apabila mahasiswa memilih dua program studi, maka mahasiswa dapat memilih program studi mana saja pada jenjang D3, D4, atau S1. Misalnya memilih dua program pelatihan D3/D4 atau dua program pelatihan S1.

Jika ingin memilih kombinasi pelatihan vokasi dan S1, dapat menggunakan program pelatihan D3 atau S1 atau program pelatihan D4 dan S1. Baca juga: Kisah Mantan Kapolri Mulyoto, Mahasiswa Veteran 61 Tahun

3. Syarat memilih tiga program pelatihan

Jika memilih dari tiga program studi, Anda harus memilih gelar profesional atau sarjana. Mahasiswa dapat memilih tiga program studi jenjang D3/D4 saja atau seluruh program studi S1. Mahasiswa dapat memilih dua program sarjana dan satu program D3/D4 atau dua program D3/D4 dan satu program sarjana.

4. Syarat memilih empat program studi

Khusus bagi yang memilih empat program studi, wajib memilih minimal satu program studi D3. Oleh karena itu, tidak bisa memilih dua program pelatihan S1 dan dua program pelatihan D4.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D