0 0
Read Time:1 Minute, 1 Second

JAKARTA – Menteri Gabungan Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri atau Menteri Luar Negeri Wang Yi di Labuan Bajo, Jumat (19/4/2024). Program pertemuan tersebut diungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pagi tadi usai bertemu dengan Wang Yi.

Menlu Retno menyampaikan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Tiongkok akan dibahas secara rinci dalam Mekanisme Kerja Sama Dialog Tingkat Tinggi (HDCM).

“Di pihak Indonesia dipimpin oleh Menteri Gabungan Maritim dan Luar Negeri. Kini di pihak Republik Rakyat Tiongkok dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Wang Yi,” kata Retno dalam pidatonya di Hale Nusantara, Departemen Luar Negeri . Bisnis, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Sementara itu, Retno usai pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan Tiongkok merupakan salah satu mitra penting Indonesia di bidang perekonomian.

“RRC merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dengan volume perdagangan lebih dari US$127 miliar,” kata Retno.

China, kata Retno, merupakan salah satu investor asing terbesar dengan nilai investasi lebih dari $7,4 miliar pada tahun lalu. Namun kedua negara berkomitmen untuk meningkatkan investasi, terutama di bidang ketahanan pangan.

“Sejumlah bidang kerja sama investasi akan terus diperkuat, antara lain di bidang hilirisasi industri, pembangunan infrastruktur, transisi energi, dan ketahanan pangan,” tutupnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D