0 0
Read Time:3 Minute, 12 Second

dianrakyat.co.id, Jakarta – Olah raga dan aktivitas fisik bagi penderita osteoartritis (kanker lutut) berfokus pada gerakan kecil, penguatan, dan peregangan. Latihan ini diperlukan untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Olahraga dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan rentang gerak, dan meningkatkan mobilitas secara keseluruhan.

Olahraga apa yang terbaik untuk penderita osteoartritis? Penting untuk memilih jenis olahraga yang tepat untuk mencegah penyakit.

Latihan untuk OA meliputi otot paha dan tungkai bawah. Latihan bisa dimulai dengan 10 repetisi dan tiga set berturut-turut. Latihan paha dan punggung bawah bisa dilakukan tiga hingga lima kali seminggu.

“Jika Anda merasa sakit, berhentilah berolahraga dan bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan,” kata ahli terapi fisik Universitas Miami Raynetta Samuels PT, DPT, CLT di VeryWell Health, Jumat, 7 Juni 2024.

 

Berikut beberapa latihan untuk penderita Osteoarthritis (OA). 1. Ekstensi Lutut

Peregangan lutut merupakan latihan yang memperkuat otot paha depan. Otot-otot ini membantu mendorong pinggul ke depan dan meluruskan lutut. Cara melakukannya: Duduk tegak di kursi dengan kaki di lantai. Tahan posisi tegak selama 2 hingga 3 detik. Kembalilah perlahan. Ulangi dengan kaki lainnya. 2. Kaki anjing

Latihan ini memperkuat otot hamstring di bagian belakang paha. Otot-otot ini membantu menggerakkan punggung saat lutut ditekuk.

Berdirilah di depan meja atau di dekat kursi kokoh sebagai penyangga, terutama jika Anda kesulitan menjaga keseimbangan. Jika berdiri terlalu menyakitkan, lakukan latihan ini dengan posisi tengkurap. Berikut cara melakukannya: Berdirilah dengan kaki terbuka lebar. Tekuk satu lutut dan letakkan tumit Anda di lantai. Bergerak hanya sejauh lutut Anda bisa ditekuk—jangan condong ke depan. Tahan selama 2 hingga 3 detik, lalu turunkan secara perlahan. Ulangi dengan kaki lainnya. 3. Angkat betis

Olah raga merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh pasien OA. Latihan ini memperkuat otot bagian belakang betis yang disebut gastrocnemius. Calf raise dilakukan dengan gerakan seperti berdiri dengan bertumpu pada jari kaki dan jari kaki yang kaku untuk membantu menopang lutut.

Pasien dapat melakukan calf raise sambil duduk di kursi jika berdiri terasa sulit atau nyeri. Angkat jari-jari kaki Anda dengan mengangkat tumit Anda. Tahan selama 2 hingga 3 detik, lalu turunkan secara perlahan. Jika perlu, pasien dapat mengangkat betis satu per satu. 4. Jongkok Lutut

Olah raga atau olah raga untuk pasien OA. Latihan ini dapat memperkuat otot-otot lutut hingga membantu Anda berdiri dari kursi.

Untuk dukungan lebih lanjut, lakukan latihan ini dengan punggung menempel ke dinding. Cara melakukan mini squat: Berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu. Turunkan pinggul Anda seolah-olah Anda sedang duduk di kursi, tekuk lutut, dan rileks. Berdirilah hingga paha Anda sejajar dengan lantai. Pegang tangan Anda di depan Anda selama istirahat, atau letakkan tangan Anda di sandaran kursi. Tahan selama 2 hingga 3 detik, lalu berdiri.

Menurut bukti ilmiah, selain pengobatan, terdapat sejumlah terapi pelengkap yang direkomendasikan untuk pasien osteoartritis. Salah satunya adalah pijat.

Lantas, apakah penderita osteoartritis boleh dipijat? Jawabannya iya!

Peneliti asal Amerika Serikat, Dorotha Atkin, menemukan bahwa pijat dua kali seminggu selama enam minggu dapat mengurangi rasa sakit dan kaku pada persendian penderita osteoartritis, kata KlikDokter.

Peneliti Thailand, Natthakarn Chiranthahu, juga telah menunjukkan manfaat pijat tradisional Thailand untuk pasien osteoartritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pijat tradisional tiga kali seminggu selama tiga minggu dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi pada pasien osteoartritis.

Meskipun bukti yang ada saat ini tidak kuat, beberapa penelitian telah mengkonfirmasi manfaat pijat dalam mengurangi nyeri dan kekakuan pada pasien osteoartritis.

Namun pijat tidak bisa menyembuhkan osteoartritis, melainkan hanya mengurangi gejala penyakit ini.

Jika Anda menderita osteoartritis, tak ada salahnya mencoba pijat sebagai terapi tambahan. Anda juga bisa memadukan penggunaan minyak atau krim khusus untuk persendian saat melakukan terapi pijat.

Apakah osteoartritis bisa disembuhkan? adalah pertanyaan umum dari pasien. Namun menurut situs resmi RS Siloam, osteoartritis menjadi penyakit yang hingga saat ini belum bisa diobati dengan obat.

Namun, Anda sebaiknya mengonsumsi obat untuk mengatasi osteoartritis guna meringankan gejala yang Anda alami.

Ya, penderita osteoartritis lutut bisa berjalan. Karena berjalan itu sedikit usaha.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
PAY4D